Jumat, 10 Agustus 2018 - 09:21:34 WIB
Sekda: Usia 53, Tanjabbar Harus Semakin Mandiri Mensejahterakan Masyarakat
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 31 kali

Mediajambi.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengemukakan, di usia yang ke-53 tahun, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) diharapkan bisa mandiri mensejahterakan masyarakat serta bisa bersinergi dengan kabupaten/koya lain yang ada di Provinsi Jambi. Pernyataan tersebut disampaikan Sekda saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Deawan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2018, bertempat di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis (09/08/2018).

"Di usia ke-53 tahun, Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengisyaratkan peningkatan taraf kedewasaan, harus mampu mendorong performa dan kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik untuk mensejahterakan masyarakat. Jadikan peringatan Momentum HUT ke-53 Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai pendorong kebersamaan, selalu bergandengan tangan dalam harmoni, serta selalu meningkatkan partisipasi dalam menuju Tanjung Jabung Barat yang maju, adil, makmur, bermartabat dan berkualitas," ujar Sekda.

Sekda mengatakan, sebagai fasilitator pembangunan, pemerintah tidak akan pernah berpangku tangan dalam memperbaiki nasib masyarakat. "Pembangunan sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk menuju keadaan yang lebih baik, lebih damai, lebih adil dan sejahtera," kata Sekda.

"Belajar dari keberhasilan dan pengalaman selama ini, maka percepatan kegiatan pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan tingkat pelayanan masyarakat akan tercapai dengan baik, apabila jajaran birokrasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat selalu mengedepankan upaya-upaya untuk mewujudkan pemerintah yang baik, dalam koridor akseptabilitas dan akuntabilitas publik serta membangun budaya kerja, etika dan etos kerja pimpinan di segala unit organisasi perangkat daerah yang mampu mengedepankan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan," sambung Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menyampaikan iimbauan, ajakan dan harapannya kepada masyarakat Tanjung Jabung Barat dengan akan dilaksanakannya pesta demokrasi Pemilihan Legislatif untuk memilih anggota DPR RI, DPD RI serta anggota DPRD Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota pada tahun 2019, juga ditahun yang sama akan ada Pemilu Presiden/Wakil Presiden, untuk sama-sama meningkatkan persatuan dan kesatuan, bersama-sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

"Kondusifitas Kamtibmas sangat diperlukan dalam mensukseskan agenda demokrasi. Hindari tindakan-tindakan atau isu-isu yang tidak bertanggungjawab, fitnah, gesekan antar kelompok masyarakat, adu domba yang bernuansa politis maupun yang bersinggungan dengan suku, agama, ras dan golongan (SARA) yang dapat memecah belah, memicu permusuhan, pertikaian, dan perbuatan anarkis hingga pada ancaman disintegrasi bangsa," tegas Sekda.

Pada sesi wawancara, Sekda mengemukakan, Kabupaten Tanjabbar merupakan salah satu pintu masuk dan pintu keluarnya komoditi pertanian dan perkebunan yang bisa mensejahterakan masyarakatnya.

"Pemerintah Provinsi Jambi telah mengadakan MoU dengan Provinsi Kepri, salah satu isi MoU tersebut bahwa Provinsi Jambi melalui Tanjabbar berkeinginan memenuhi kebutuhan bahan pokok Kepri, karena daerahnya sangat minim areal pertanian, sedangkan kita berlimpah hasil pertanian dari wilayah Barat seperti kentang, cabai, sayur mayur dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi. Kita mengharapkan dengan beroperasinya kapal roro di Tanjabbar, ini salah satu jembatan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan dagang antar dua wilayah,” terang Sekda.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Faizal Riza,ST,MM. Faizal menyampaikan, dalam kurun waktu 3 tahun kepemimpinan Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr.Ir.H.Safrial,M.Si dan Wakil Bupati, Drs.H.Amir Sakib, banyak keberhasilan yang dicapai diantaranya penyaluran air bersih kepada masyarakat dan peningkatan perekonomian masyarakat,serta  insfrastruktur jalan sudah ada peningkatan yang signinifikan.

“DPRD dan Pemerintah Kabupaten Tanjabbar terus bersinergi mendorong pembangunan yang berkesinambungan untuk kemakmuran masyarakat. Kita mengharapkan pembangunan di Tanjung Jabung Barat bisa lebih baik, lebih adil, dan berkesinambungan," kata Faizal.

Dalam rapat paripurna tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyerahkan penghargaan kepada Kapolres Tanjung Jabung Barat atas keberhasilan Kapolres dan jajarannya  dalam mengungkap dan menangkap pelaku peredaran narkoba di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Turut hadir pada kesempatan ini, unsur Forkopimda Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mantan Bupati Tanjung Jabung Barat, H.Usman Ermulan,MM, mantan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Katamso, SA,SE,ME, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat H.Amir Sakib, Sekda Tanjung Jabung Barat Ambo Tuo, para OPD, camat, lurah dan kepala desa Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tokoh masyarakat Tanjabbar dan para undangan lainnya (mas)