Senin, 13 Agustus 2018 - 17:39:56 WIB
Hati- Hati Penyakit Antrak Pada Hewan Kurban
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 37 kali

Mediajambi.com- Dinas Peternakan, Perikanan Kota Jambi melaksanakan pemeriksaan pada  2000  hewan kurban yang berada di Kota Jambi, Senin (14/8) di rumah hewan Indra yang berada di Jalan Serma Ishak RT 07 Kelurahan  Mayang Mangurai Kecamatan Alam Barajo Jambi.

Menurut Kadis Distan Kota Jambi Damiri, satu minggu sebelum hari raya kurban, kita melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban baik sapi,kerbau dan kambing, untuk pemeriksaan ini kita kerahkan secara sukarela  tenaga medis  sekitar 50 tenaga kesehatan hewan maupun tenaga dokter juga, yang terdiri dari lima kelompok terhadap 91 pedagang hewan terbak yang ada di Kota Jambi.

" Pemeriksaan untuk kesehatan kulit,suhu, hidung,mulut dan gigi, saya menghimbau kepada masyarakat agar hati- hati penyakit hewan ini bisa menular kepada manusia,seperti penyakit antrak yang bisa menular langsung dari bercak darah," jelas Damiri.

Untuk tahun ini ada sekitar 4.800 ternak yang akan kita periksa, yaitu sapi 2000,kerbau 2000 dan kambing 800 dan saat ini ditempat rumah hewan Indra ada 174 ternak baik sapi dan kambing selebihnya di rumah hewan lainnya.

" Saya himbau kepada masyarakat, agar jangan segan- segan untuk memeriksa kesehatan hewan ternaknya dan bagi masyarakat belilah hewan yang ada lahel sehat, namun masyarakat jangan  kawatirkan karena untuk penyakit antrak di Jambi belum ada,"jelas Damiri.

Untuk kebutuhan hewan kurban tahun lalu 1.700 namun pada tahun ini ada kenaikan sekitar  2000 lebih,kenaikannya sekitar 10 persen dari tahun lalu. (Yen)