Selasa, 14 Agustus 2018 - 04:44:03 WIB
Wahyu Muryadi: ‌Menangkal Hoax dengan Konfirmasi dan Verifikasi berita
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Daerah - Dibaca: 131 kali

Mediajambi.com -Meski tidak bisa dielakkan kecepatan dari maraknya muncul berita- berita lewat media sosial (medsos). Munculnya berita hoax karena pengguna medsos  yang saling share tanpa mengecek dahulu kebenaran suatu berita. 

Inilah salah satu topik yg dikemukakan Wahyu pada Sharing Session yaitu sesi diskusi di Media Gathering SKK Migas -KKKS dengan FJM Sumsel  dan FJM Jambi, Senin malam , 13 Agustus di Ball Room Aurora Hotel Tanjung Pesona Beach, Bangka. 

Menurut Wahyu Muryadi,  mantan Pimred Majalah Tempo ini, meski cepat, berita di medsos tidak bisa dipertanggung jawabkan sebagai sebuah berita. Media hanyalah media platform. Beda dengan Media Formal. Yang dikuatirkan ketika jurnalis sebagai pengguna media platform ini.

‌Disinilah tugas media resmi untuk membangun kepercayaan pembacanya. Media resmi bisa menangkal setiap berita hoax di medsos dengan cara konfirmasi  dan verifikasi yaitu fact checking yaitu satu dari empat  inisiatif baru jurnalisme yang dipaparkan Wartawan senior ini. 

‌Tidak juga semua berita yang ada di medsos merupakan hoax.  Karena beberapa seperti Lambeturah juga memberikan informasi yang ada kebenarannya. Sehingga berita Lambe turah termasuk yang bisa dipercaya. 

Tapi tetap saja, Media resmi akan lebih dipercaya, karena selalu melakukan konfirmasi dan verifikasi sebelum menurunkan sebuah berita. Tentu saja media formal harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan sebuah berita yang akurat.(nh).