Selasa, 14 Agustus 2018 - 04:48:33 WIB
Bidang Infrastruktur, Kesehatan dan Pendidikan Jadi Prioritas
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 106 kali

Mediajambi.com- Pemerintah Kota Jambi mengusulkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2018 sebesar Rp 131 Miliar. Anggaran tersebut masih akan difokuskan pada pembiayaan tiga bidang yakni infrastruktur, kesehatan dan pendidikan di Kota Jambi. 

Hal ini disampaikan oleh Deki Subianda, Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Jambi bahwa pada saat ini, Pemkot sudah mengusulkan APBDP 2018 Kota Jambi sebesar Rp 131 Miliar. Dari dana tersebut dikatakannya penggunaannya tidak jauh berbeda dari sebelumnya. 

“Keseluruhannya Rp 131 Miliar.  Ada dana sertifikasi 49 -50 miliar yang kita masukkan lagi ke APBDP 2018 ini. Dan beberapa anggaran lainnya yang dibutuhkan oleh OPD,”bebernya setelah menghadiri rapat paripurna Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) Serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan Apbd(Ppas-P) tahun anggaran 2018 di gedung DPRD Kota Jambi, Senin (13/7).

Ditambahkan oleh Doni, Kepala Bappeda Kota Jambi bahwa melalui APBDP 2018 ini, Pemerintah Kota Jambi masih akan fokus pada pembangunan infrastruktur. Selain itu juga bidang kesehatan dan pendidikan yang masih membutuhkan banyak anggaran. 

“Khusus untuk pendidikan dan kesehatan itu juga merupakan masalah nasional. Dimana untuk pendidikan sendiri,  seluruh Indonesia bermasalah dengan ruang kelas dan rombel,”ujarnya.

Dikatakan Doni, ada beberap OPD yang ditambah dan ada juga yang anggarannya dikurangi di APBDP 2018 ini. Ini sesuai dengan kebutuhan dan program masing masing OPD. “Ada yang dikurangi dan ada yang ditambah. Semua sesuai dengan kebutuhan,”bebernya.

Sementara itu menurut Nasir, ketua DPRD Kota Jambi bahwa anggota DPRD baru akan membahas APBDP 2018 setelah paripurna berlangsung pada sore hari. Ini untuk mengejar agar apa yang diprogramkan oleh eksekutif bisa segera dilaksanakan dengan pembahasan yang dilakukan oleh DPRD Kota Jambi. “Untuk APBDP baru akan kita bahas nanti malam. Karenakan sekarang baru menerima saja dari eksekutif,”bebernya.

Dikatakan Nasir bahwa para prinsipnya, dewan akan mendukung setiap program pemerintah jika hal tersebut bermanfaat bagi masyarakat. “Pada intinya tidak terlalu jauh dari apa yang diprogramkan di 2018 itu sendiri. Anggaran perubahan ini pada prinsipnya hanya menggeser jika ada program yang tidak bisa dijalankan karena sesuatu hal. Juga jika ada silpa yang bisa dimanfaatkan sedini mungin,”bebernya. (Yen)