Selasa, 14 Agustus 2018 - 17:57:22 WIB
Pengenalan Dasar Fotography : Eka Prihartono
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 80 kali

Mediajambi.com- Hari kedua kegiatan  Media Gathering SKK Migas-KKKS Sumbagsel dengan FJM (gurun jurnalis migas) Jambi dan FJM Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa 14/08/2018, diisi dengan pengenalan dasar fotografi. 

Panitia pelaksana  menghadirkan pemateri Eka Prihartono, seorang fotografer freelance profesional. 

Dalam paparannya Eka memberikan tips kepada jurnalis agar jangan ragu dalam mengambil foto. Apalagi beberapa momen tidak bisa diulang kembali. "Karena itu jangan ragu ketika mengambil foto," pesannya. 

Selain itu pemilik kamera juga harus menguasai camera yang digunakan untuk mengambil gambar.

Era android saat ini, banyak jurnalis yang menggunakan handphone (hp) untuk mengambil foto. 

Beberapa merek hp menghasilkan gambar yang cukup baik. 

Berbeda dengan camera analog, pengguna harus mengetahui fungsi tiap tiap tombol yang ada. Kamera analog mengharuskan pengguna untuk dapat mengatur  pencahayaan (eksposure) Iso Rating (Asa pada era camera pakai rol film-red),  speed ( kecepatan mengambil foto).

Dijelaskan Eka untuk mengambil foto foto tertentu kadang juga tidak bisa mengandalkan kamera manual.

"Contohnya ketika pertandingan olahraga atau penyerahan hadiah, ketika kita sedang mengatur kamera momen sudah selesai," ujarnya yang pada momen seperti ini, dia akan menggunakan kamera otomatis. "Pasalnya momen tersebut tidak bisa diulang kembali dan saya juga butuh banyak foto untuk mendapatkan momen terbaik," ungkap Eka yang mengatakan fotografi hobi yang menghasilkan uang.

Usai sesi pengenalan dasar fotografi, Eka meminta seluruh jurnalis untuk turun mengambil foto yang akan dinilai dan foto terbaik akan mendapat hadiah dari panitia dan pemateri. 

Usai sesi pengenalan dasar fotografi, usai rehat dilanjutkan dengan kegiatan outdoor yaitu Amazing Journalist Race. Semua kegiatan berlangsung di Tanjung Pesona Beach Resort & Spa, Sungailiat Bangka . (nh)