Kamis, 16 Agustus 2018 - 16:17:18 WIB
Belasan Ekor Ikan Alligator Dimusnahkan di BKIPM Jambi
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Pertanian - Dibaca: 142 kali

Mediajambi.com-  Sebanyak 14 ekor ikan berbahaya (invasif) bebagai ukuran dimusnahkan (eradikasi) di instalasi karantina ikan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Jambi, di kawasan Kotabaru, Kota Jambi, Kamis (16/8/2018).

Pemusnahan tersebut oleh petugas dengan cara diberi dibius dengan menggunakan minyak cengkeh terbuat dari bahan herbal yang dimasukkan ke dalam kolam ikan yang dipersiapkan.

Menurut Paiman, Kasi Pengawasan, Data dan Lalulintas BKIPM Jambi, ada sebanyak 14 ekor ikan Alligator yang dimusnahkan dengan cara dibius dengan minyak cengkeh, 3 ekor dihibahkan Taman Rimba, Jambi dan 1 ekor diawetkan.

“Tujuan pemusnahan ikan berbahaya ini, untuk melindungi ikan endemi yang ada di Jambi sehingga tidak menjadi mangsa ikan berbahaya,” katanya.

Dia menambahkan, ada 18 ikan berbahaya jenis Alligator ini diperoleh dari masyarakat sejak awal bulan Juli lalu.

“Kita gunakan minyak cengkeh ini, karena akan membuat ikan tidak merasakan sakit. Mulanya, minyak cengkeh kita campurkan ke dalam air, tidak kurang dari dua menit ikan tersebut sudah mati,” tuturnya.

Selain itu, dia berharap agar masyarakat yang masih memiliki ikan berbahaya dan diluar pemerintah segera diserahkan. “Kita tidak ingin mengambil resiko terlalu tinggi dengan adanya ikan berbahaya di Jambi,” tandas Paiman.

Usai mati dimusnahkan dengan minyak cengkeh, ikan-ikan berbahaya tersebut langsung dikuburkan di lubang tanah yang sudah dipersiapkan petugas.(yen)