Jumat, 07 September 2018 - 09:57:13 WIB
Sekda: Pemprov Dorong Penggunaan Tik Dalam Pendidikan
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 38 kali

 Mediajambi.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengemukakan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat penting bagi dunia pendidikan, seiring dengan terus berkembangnya TIK secara pesat yang menyesuaikan dengan perubahan zaman. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jambi mendorong penggunaan TIK dalam pendidikan di era digital saat ini. Hal tersebut dikemukakan Sekda saat membuka Gebyar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Jambi Tahun 2018, bertempat di Ruang Sumatera, Hotel Ratu Jambi, Kamis (06/09) pagi.

 “Kita semua mengetahui, bahwa penggunaan TIK di Indonesia masih rendah dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan yang harus segera diatasi. Semua pihak turut berperan dalam mendorong penggunaan TIK pada dunia pendidikan, sehingga nantinya dunia pendidikan kita sudah familiar dengan penggunaan TIK,” ujar Sekda.

 Sekda menerangkan, dunia pendidikan kedepannya pasti tidak terlepas dari TIK, karena melalui pendidikan yang berbasis TIK lebih mendorong anak didik untuk lebih maju dan terampil, sesuai dengan perkembangan zaman saat ini yang serba digital. TIK sendiri merupakan salah satu alat yang dapat mewujudkan bangsa yang cerdas dan maju.

 “TIK memberikan manfaat yang besar baik bagi dunia pendidikan, penelitian, niaga dan aspek kehidupan lainnya. Kita harus mendorong generasi muda dalam penggunaan TIK sebagai alat dalam membantu pendidikan, meningkatkan pengetahuan dan memperluas kesempatan untuk meraih kualitas kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya,” terang Sekda.

 Sekda mengingatkan para tenaga pendidik dan orang tua tetap melakukan pengawasan terhadap anak dalam penggunaan TIK, harus ada batasan batasan bagi anak, karena dalam TIK semuanya sangat bebas untuk diakses. “Tenaga pendidik dan orang tualah yang menjadi filter bagi anak, sehingga TIK bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya,” tegas Sekda.

 Lebih lanjut, Sekda mengharapkan kegiatan ini bisa memperluas akses dan mempercepat pemanfaatan TIK bagi dunia pendidikan, sehingga manfaat dari TIK bisa dirasakan oleh dunia pendidikan, khususnya bagi dunia pendidikan di Provinsi Jambi, sehingga suasana belajar mengajar akan lebih menyenangkan.

 Kepala Pusat Teknologi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr.Gogot Suharwoto,PhD mengatakan, teknologi harus dimasukkan ke dalam dunia pendidikan, karena pola pendidikan saat ini sudah sangat berbeda sekali dengan pola pendidikan yang sebelumnya. “Kita akan terus mendorong supaya teknologi ini secara menyeluruh diterapkan pada dunia pendidikan, karena pada saat ini, antara kehidupan dan teknologi saling berdampingan, serta semua pihak pasti bergelut dalam teknologi,” kata Suharwoto.

 Kepala Balai Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Provinsi Jambi, Drs.A.Yani Iriansyah,M.Si menyampaikan, maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat bagi siswa dan siswi dalam mengelola, memanfaatkan dan mendayagunakan TIK dalam dunia pendidikan, sehingga dalam proses belajar mengajar bisa memanfaatkan TIK ini secara-terus menerus dan berkelanjutan.

 “Kegiatan ini juga sebagai motivasi bagi dunia pendidikan, agar bisa lebih familiar terhadap TIK, sehingga insan pendidikan bisa memanfaatkan TIK ini dengan baik. Ada beberapa rangkaian kegiatan pada Gebyar TIK Jambi tahun ini, mulai dari seminar, pameran, dan berbagai perlombaan di bidang TIK sebagai motivasi agar lebih dekat dengan TIK itu sendiri,” tutur Yani. (mas)