Senin, 10 September 2018 - 10:45:42 WIB
FIK Unja Adakan Pelatihan Mental Olahraga Nasional 2018
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Olahraga - Dibaca: 69 kali

Mediajambi.com - Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unja mengadakan pelatihan mental olahraga nasional 2018. Acara ini dibuka Ketua Koni Provinsi Jambi yang diwakili Wakil Sekretaris Koni Provinsi Jambi Herman Jaya, bertempat di Hotel Nusa Wijaya, Senin 10 September 2018.

Ketua Panitia Pelatih Mental Olahraga Nasional 2018 yang juga Dekan FIK Unja Dr Sukendro, MKes AIFO mengatakan pelatih mental olahraga tingkat nasional ini merupakan yang ketiga. “Pertama dilaksanakan di Surabaya, kedua Jakarta dan ketiga Jambi, untuk Sumatera kita yang pertama,” ujarnya kepada Mediajambi.com.

Menurutnya pelatihan ini bertujuan untuk mengambil sertifikat level pertama. Pelatihan ini diharapkan  bisa menangani cabang-cabang olahraga yang ada di Provinsi Jambi. Bahkan katanya ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini bisa mendampingi atlet baik ditingkat Porprov, PON, Sea Games, Asian Games maupun Olimpiade.

Itulah sebabnya pelatihan ini dibatasi dan tidak boleh melebihi 40 orang peserta. Pasalnya sertifikat ini terdaftar pada Asosiasi Pelatih Mental Indonesia (APMOI). “Kita tidak menjual piagam, tapi menjual kualitas,” ungkap Sekretaris KONI Provinsi Jambi ini.

Dijelaskannya, acara ini sebagai suatu kebanggaan, karena peserta pelatihan bukan hanya berasal dari Provinsi jambi saja, tapi dari luar Provinsi Jambi seperti dari Papua, Medan, Bali, Gorontalo, Palu, Surabaya dan dari Semarang. “Kita salut dengan mereka yang jauh-jauh datang kesini, justru yang berasal dari Provinsi Jambi malah kurang diminati oleh cabor-cabor. Padahal kita telah mengirim  surat kepada cabor dan KONI kabupaten/kota,” ucapnya.

Dikatakannnya, pelatih berasal dari APMOI yang merupakan memang ahli fsikologis olahraga dan kemampuan mereka tidak diragukan lagi. Juga dihadiri Ketua APMOI Indonesia Miftakhul Jannah. Pelatihan ini diikuti 40 peserta dan dilaksanakan selama dua hari.

Wakil Sekretaris KONI Provinsi Jambi Herman Jaya sangat mengapresi pelatihan ini. Karena sangat bermanfaat bagi mental atlet baik dalam pelatihan maupun dalam menghadapi pertandingan. “Tanpa mental yang baik, maka prestasi olahraga tidak bisa dicapai. Jadi dengan ada pelatihan mental olahraga ini akan member dampak dalam prestasi olahraga,” ucapnya.

Dia yakin setelah mengikuti pelatihan setidaknya bisa mendampingi atlet dalam menghadapi pertandingan baik pada Porprov, PON dan pertandingan lainnya. Dia juga berharap kepada seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini sungguh-sungguh. (mas)