Rabu, 26 September 2018 - 10:27:50 WIB
Peringatan Hari Statistik : Pelopor Data Statistik Untuk Semua
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Eko/Bisnis - Dibaca: 159 kali

Mediajambi.com - Data statistik bukan sekedar angka mati, tapi merupakan landasan perencaan yang tepat sasaran. Data ini bukan untuk statistik semata tapi data untuk semua. 

Kepala BPS Pusat Kecuk Suharyanto dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Provinsi Jambi Afani Saharudin mengatakan HSN adalah hari dimana seluruh insan statistik di Indonesia merayakan arti pentingnya statistik dan kontribusinya yang besar bagi pembangunan bangsa dan negara. Namun, di balik perayaan itu, ada tanggung jawab besar seperti yang tertuang dalam tema HSN tahun ini, yaitu "Dengan Data, Tingkatkan Prestasi Bangsa".

"Tema ini mengingatkan kita untuk terus menerus meningkatkan kualitas data yang kita hasilkan dan menjaga independensi. Statistik bukan sekadar deretan angka-angka mati pada web BPS maupun publikasi yang kita terbitkan," ucapnya.

Sebaliknya, data dan informasi statistik merupakan landasan untuk membuat perencanaan yang tepat sasaran, melakukan monitoring dan evaluasi serta melihat perkembangan capaian pembangunan. Peringatan HSN dapat dimaknai dengan tiga hal Pertama, meningkatkan peran serta masyarakat dalam membangun statistik. "Statistik bukan hanya milik BPS aja, tapi milik seluruh insan statistik. Peringatan HSN ini agar semua insan statistik memahaminya, merayakan dan melakukan pembangunan statistik bersama-sama," ungkapnya.

Ada tiga hal  perhatikan dalam upaya menjaga kredibilitas dan meningkatkan kualitas data BPS. Independensi menjadi prasyarat untuk mendapatkan trust atau kepercayaan dari para pengguna data dan masyarakat. Di era digitalisasi seperti sekarang ini, data memang bisa peroleh dengan sangat mudah dari berbagai sumber. Akan tetapi, konsep definisi dan metodenya belum tentu sesuai dengan kaidah dan aturan statistik baku yang berlaku secara internasional, sehingga kualitas datanya perlu dipertanyakan. 

Kedua, Perkembangan teknologi yang luar biasa, perputaran arus informasi yang begitu cepat, dan munculnya era revolusi industri 4.0, memaksa kita untuk terus menciptakan berbagai inovasi dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Tidak bisa lagi bersantai-santai, merasa nyaman melakukan business as usual yang dibangun diatas paradigma usang.

Ketiga,  data dan informasi statistik yang hasilkan untuk mengukur kemajuan pembangunan di Indonesia.(mas)