Kamis, 27 September 2018 - 09:26:40 WIB
Dewan Pers Verifikasi SMSI Provinsi Jambi
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 111 kali

Mediajambi.com - Dewan Pers melakukan verifikasi faktual Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Provinsi Jambi, Rabu (26/9/2018) kemarin. Verifikasi ini dilakukan di sekretariat SMSI Jambi, Jalan Pangeran Hidayat, Perumahan Adipura, Rt 17, Nomor 1, Kelurahan Suka Karya, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi.

Dari ratusan media online yang ada di Provinsi Jambi, hanya 16 media yang terdaftar di SMSI Jambi. Namun, setelah diverifikasi oleh Dewan Pers, hanya 7 media yang dinyatakan lolos verifikasi faktual.

Media yang lolos, diantaranya, IMCNews.ID, metrojambi.com dan jamberita.com, jambiupdate.co, infojambi.com, lampukuning.id dan mediajambi.com. Sementara yang lain masih diberikan kesempatan untuk melengkapi syarat verifikasi administrasi yang masih kurang.

Verifikasi SMSI Jambi dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Ahcmad Djauhar dan dibantu Wawan Agus Prasetyo, staf sekretariat Dewan Pers. Ketua SMSI Jambi, H Matlawan Hasibuan mengatakan, SMSI sebagai organisasi perusahaan media siber telah mendaftar sebagai konstituen Dewan Pers.

“Saat ini, Dewan Pers tengah melakukan verifikasi faktual SMSI Jambi. Ini juga merupakan bagian dari tugas SMSI sebagai asosiasi perusahaan pers mendorong anggotanya untuk memenuhi persyaratan verifikasi sesuai dengan aturan Dewan Pers,” katanya.

Pasalnya, SMSI menginginkan perusahaan pers yang berada di bawah naungan SMSI adalah perusahaan yang mengedepankan profesionalitas.

“Jadi bukan hanya wartawannya saja yang memenuhi kompetensi atau berkompeten. Namun, perusahaan medianya sendiri juga harus terverifikasi,” tegasnya.

Sementara itu, Ahmad Djauhar, Wakil Ketua Dewan Pers mengatakan, bahwa Dewan Pers mempunyai program untuk menambah konstituen. Sejauh ini, kata dia, konstituen dari asosiasi media online ini memang belum ada.

“Diharapkan, SMSI bisa menjadi konstituen Dewan Pers. Dewan Pers tak bisa bekerja sendiri. Kami memerlukan bantuan untuk membantu program nasional untuk mendata dan memverifikasi,” akunya.

Kehadiran SMSI juga, diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada media siber khususnya, agar mengetahui standar perusahaan pers online. Hal itu akan berdampak pada meningkatnya kualitas media tersebut sendiri.

“Sehingga menekan sedapat mungkin, media yang abal-abal atau bisa dikatakan liar dapat menjadi terstruktur sehingga lebih profesional,” ungkapnya.

SMSI Jambi sendiri merupakan Provinsi ke 5 yang diverifikasi faktual oleh Dewan Pers setelah Jawa Timur, Bangka Belitung, Sumatera Selatan dan Banten.

“Kita harapkan seluruh daerah terverifikasi, karena minimal kan harus ada di 15 Provinisi. Mudah-mudahan bisa memenuhi kualifikasi semua. Rasanya yang di Jambi ini sebagian besar memenuhi apa yang dipersyarakatkan untuk mejadi konstituen. Yang jelas nanti penilaiannya secara keseluruhan,” tandasnya. (mas)