Rabu, 07 November 2018 - 05:32:30 WIB
Kota Jambi Telah Memiliki Alat Pajak Online
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 32 kali

Mediajambi.com- Pemerintah Kota Jambi melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi telah melakukan upaya peningkatan PAD. Salah satunya dengan melakukan pemasangan typing box dibeberapa lokasi wajib pajak. Alat ini berguna untuk mengetahui rata rata pendapatan dari wajib pajak setiap harinya. Mulai dari hotel,restaurant,cafe,parkir dan lainnya.

Seperti yang dipasang disalah satu cafe di Kawasan pasar Kota Jambi, Senin (5/11). Pemasangan satu typing box sendiri membutihkan waktu minimal 1 jam. "Dalam satu hari kita targetkan memasang di 5 titik,"ujar Subhi,Kepala BPPRD Kota Jambi.

Dikatakannya bahwa saat ini sudah ada 26 typing box yang di pasang dibeberapa titik. Pihaknya menargetkan pemasangan sebanyak 200 typing box hingga Desember mendatang. 

"Alat tersebut tersebar di beberapa titik lokasi seperti hotel,restaurant,cafe, dan lainnya. "Sudah ada 26 yang kita pasang. Alat ini kita koneksikan ke server yang ada di mesin kasir. Sehingga melalui alat ini kita bisa mengetahui berapa pendapatan masing masing wajib pajak,"ujarnya.

Dikatakan Subhi dengan adanya mesin tersebut,maka diharapkan PAD Kota Jambi dari sektor pajak dan retribusi bisa meningkat bahkan hingga 100 persen. "Sebab,dengan adanya typing box ini kita bisa memantau pendapatan dari setiap titik. Jadi wajib pajak tidak bisa lagi memanipulasi jumlah pajak yang seharusnya mereka setor ke kas daerah,"bebernya.

Dikatakan Subhi bahwa typing box ini merupakan CSR dari Bank Jambi atas rekomendasi dari KPK. "Sehingga dengan adanya alat tersebut,tidak hanya akan meningkatkan PAD bagi kas Kota Jambi tapi juga bermanfaat bagi Bank Jambi sendiri,"ujarnya. (Yen)