Rabu, 07 November 2018 - 06:33:10 WIB
Selama 7 Hari Ops Zebra, Ditlantas Polda Jambi Menindak Sebanyak 8.456 Pelanggar
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Hukrim - Dibaca: 36 kali

Mediajambi.com- Setelah 7 hari OPS zebra berlangsung, Ditlantas Polda jambi dan jajaran berhasil menindak 8456 pelanggar,yang mana dibandingkan dengan operasi zebra tahun 2017 naik sebesar 21,72% yaitu sebanyak 6947 pelanggar yg ditilang tahun lalu.

Sedangkan jumlah kecelakaan selama 7 hari Operasi zebra sebanyak 13 kejadian, hal ini sama dengan jumlah kecelakaan pada operasi zebra tahun 2017. Namun untuk jumlah korban meninggal dunia pada operasi zebra tahun 2018 mengalami kenaikan yaitu sebanyak 6 orang korban jiwa, sedangkan tahun lalu sebanyak 3 orang korban meninggal dunia.Tapi apabila dibandingkan dengan data kecelakaan 7 hari sebelum operasi mengalami penurunan sebanyak 12 kejadian, berdasarkan data kecelakaan 7 hari sebelum diberlakukan operasi sebanyak 25 kejadian. Untuk korban meninggal dunia sebanyak 7 korban jiwa.

Berdasarkan evaluasi ini Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol. Didik Mulyanto, SH, SIK, memerintahkan kepada seluruh personil satgas operasi tetap melaksanakan kegiatan pencegahan berupa patroli di tempat2 rawan kecelakaan,disamping itu langkah2 penindakan hukum berupa tilang, tetap dilaksanakan terhadap sasaran prioritas dalam operasi zebra tahun 2018 yaitu : melanggar batas kecepatan, pemakaian helm SNI,penggunaan sabuk pengaman, penempatan anak dalam kendaraan, mabuk dalam berkendara,melawan arus dan penggunaan handphone.Dalam operasi zebra di Polda Jambi dan jajaran menambahkan satu sasaran operasi yaitu pemasangan kaca spion.

Dirlantas Polda Jambi selaku Kasatgas OPS Zebra Polda Jambi,mengharapkan dalam 7 hari kedepan selama operasi zebra tahun 2018, dapat menekan/mengurangi jumlah kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan melalui kegiatan2 yang sudah dilaksanakan oleh masing-masing satuan tugas operasi.

Dirlantas juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Jambi dengan penuh kesadaran untuk patuh dan tertib terhadap peraturan lalu lintas.Apabila masyarakat patuh dan tertib dalam berlalu lintas maka masyarakat pengguna jalan akan merasakan rasa aman dan tertib selama berkendara.(yen)