Sabtu, 24 November 2018 - 07:39:53 WIB
Pemprov Jambi Hibahkan Aset Tanah Kepada RRI dan BPS
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 37 kali

Mediajambi.com - Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi secara resmi menyerahkan hibah Barang Milik Pemrov Jambi berupa aset tanah kepada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi yang ditandai dengan Penandatanganan Kesepakan Serah Terima Hibah Tanah oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi H.Fachrori Umar, bersama Direktur Utama LPP-RRI Muhammad Rohanuddin dan Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan bertempat di halaman depan LPP RRI Jambi, Jum'at (23/11/2018). Turut serta mendampingi Plt. Gubernur Jambi, Sekda Provinsi Jambi H.M.Dianto, Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Daerah Provinsi Jambi, H.Riko Febrianto,SH dan OPD terkait.

Pada serah terima Barang Milik Negara (BMN) dari Pemprov Jambi kepada LPP RRI Jambi dan BPS Provinsi Jambi sekaligus dilakukan peresmian Studio Terintegrasi RRI Jambi yang ditandai dengan pengguntingan Pita oleh Plt. Gubernur Jambi.

Fachrori mengemukakan bahwa hibah aset tanah tersebut untuk menunjang kinerja instansi vertikal, dan untuk tertib administrasi serta tata kelola aset yang lebih baik lagi.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran RRI Jambi atas partisipasinya selama ini memberikan informasi kepada masyarakat terkait hasil pembangunan yang telah dicapai oleh pemerintah secara cerdas, interaktif, berbudaya, independen dan jauh dari berita bohong atau hoax yang saat ini merupakan ancaman baru bagi kita semua," ujar Fachrori.

Fachrori meyakini profesionalitas dan netralitas RRI sebagai salah satu sarana mencerdaskan bangsa karena memiliki jaringan luas, utamanya berperan sebagai media pelurus informasi yang beredar di masyarakat luas melalui berbagai media sosial.

"Seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi, tentu dimanfaatkan juga oleh RRI Jambi sebagai lembaga yang profesional dan konsisten dalam mencerdaskan kehidupan bermasyarakat tanpa membedakan asul usul suku, agama ataupun golongan," sambung Fachrori

Fachrori berharap agar LPP-RRI Jambi terus berperan dan memaksimalkan dalam menggarap isu-isu pembangunan serta menyampaikannya kepada masyarakat secara bijak dengan bahasa yang berbudaya.

"Dalam rangka menunjang kinerja institusi vertikal dalam penyampaian hasil pembangunan, LPP RRI Jambi, BPS Provinsi Jambi, dan Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya untuk bersinergi dan melakukan peningkatan institusi baik peningkatan kualitas SDM maupun sarana dan prasarananya seperti menghibahkan tanah milik Pemerintah Provinsi Jambi kepada LPP RRI Jambi dan BPS Provinsi Jambi agar peningkatan pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan cepat," harap Fachrori.

Lebih lanjut Fachrori menjelaskan, dengan beralihnya hak pengelolaan atas tanah dari Pemrov Jambi ke RRI dan BPS Jambi diharapkan dapat diikuti dengan penertiban administrasi pencatatan aset pada masing-masing pengelola sehingga tidak terjadi temuan dalam pemeriksaan.

"Pengalihan hak pengelolaan dimaksud untuk memudahkan pengguna tanah dalam hal pembangunan sesuai rencana strategis dengan mengacu pada visi misi masing-masing instansi. Dengan pengalihan status tanah tersebut dapat mempercepat laju pembangunan khususnya di Provinsi Jambi," pungkas Fachrori.

Tanah RRI seluas 1,2 hektar yang dinilai Rp3,33 miliar dan BPS seluas 19,64 atau 19 tumbuk (1.900 meter per segi lebih) atau senilai Rp314 juta, aturan pemerintah, harus menyerahkan aset kepada instansi vertikal yang akan membangun dengan dana dari pusat.

 Sementara itu, Direktur Utama LPP RRI, M.Rohanuddin menyampaikan, berita yang diciptakan oleh RRI tidak menciptakan kegaduhan, harus menciptakan kesejukan dan kedamaian serta mencerdaskan anak bangs. “Itulah tujuan utama RRI,” ungkap Rohanuddin.

 Sebelumnya, Kepala LPP RRI Jambi Rasman menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang membantu penyerahan aset milik Pemrov kepada LPP RRI dan BPS Provinsi Jambi, dimana RRI Jambi telah menepati tempat ini dari tahun 1972 sampai saat ini. “Permintaan hibah tanah ini terus dilakukan dari dulu, baru sekarang baru bisa terwujud. Kami ucapkan terima kasih kepada Plt. Gubernur Jambi, Sekda Provinsi Jambi dan Kepala Aset dan seluruh Stakeholder yang membantu sehingga ini dapat terwujud.

 Senada dengan Kepala LPP RRI Jambi, Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan juga mengucapkan terima kasih kepada Plt. Gubernur Jambi dan seluruh stakeholder yang telah membantu kelancaran hibah yang diberikan kepada RRI dan BPS Jambi. "Untuk kelancaran pemerintah dalam melayani masyarakat, sekaligus motivasi bagi kami mempermudah dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga menjadikan kinerja lebih efektif dan efesien," tuturnya. (mas)