Senin, 26 November 2018 - 07:47:24 WIB
Lomba Perahu Hari Pahlawan Dispora Provinsi Jambi Dipaksakan
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Daerah - Dibaca: 91 kali

Mediajambi.com - Lomba perahu naga yang diadakan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi, dalam memperingatai hari Pahlawan terkesan dipaksakan. Pasalnya ditengah even Porprov XXII/2018 yang tengah berlangsung juga memperlombakan cabor Dayung, yang didalamnya juga terdapat nomor lomba perahu naga.

“Kegiatan ini terkesan dipaksakan, bahkan gaungnya pun nyaris tak terdengar. Apalagi saat ini tengah berlangsung event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XXII yang diadakan Koni Provinsi Jambi,” ujar pengamat sosial J Leksi Moer.

Dikatakannya tujuannya bagus ingin mencari pedayung berbakat dan meningkatkan prestasi olahraga dayung. Namun momennya yang tidak pas. “Ditengah orang lagi disibukkan dengan even olahraga tingkat provinsi kok ada even olahraga lain, diluar itu, mengapa tidak dilakukan dilain waktu,” tanyanya.

Lomba lomba perahu tradisional ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, H MDianto, berharap agar prestasi lomba perahu tradisional Provinsi Jambi terus meningkat. Untuk itu, selain latihan dan pembinaan atlet, event lomba perahu juga perlu dilaksanakan. Harapan tersebut   dikemukakannya saat Pembukaan Lomba Perahu Tradisional dan Perahu Naga 2018, di Sungai Batanghari Kawasan Olak Kemang Kota Jambi Minggu (25/11/2018) sore.

 Lomba Perahu Tradisional dan Perahu Naga Tahun 2018 bertujuan sebagai hiburan masyarakat Jambi, dan juga ajang latihan untuk prestasi di bidang olahraga dayung, serta mengajarkan untuk siap untuk berkompetisi.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan perlombaan ini sehingga dapat terlaksana. Lomba Perahu Tradisional dan Perahu Naga bertujuan selain menghibur masyarakat juga sebagai latihan untuk prestasi di bidang olahraga dayung, serta memiliki makna filosofis yang baik. Kegiatan ini mengajarkan kita untuk siap berkompetisi dengan segala konsekuensinya, baik menang maupun kalah," ungkap Sekda.

Sekda mengharapkan agar lomba perahu ini dapat mempromosikan wisata di Provinsi Jambi, khususnya di sekitar wilayah Sungai Batanghari.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi, Wahyudin, menyampaikan, tujuan dilaksanakannya Lomba Pacu Perahu Tradisional dan Perahu Naga yaitu sebagai sarana latihan untuk prestasi di bidang olahraga dayung. Mencari bibit atlet berbakat pada cabang olahraga dayung, dan sarana hiburan masyarakat Kota Jambi dan sekitarnya.(mas)