Jumat, 28 Desember 2018 - 16:23:11 WIB
Swiss-Belhotel Lakukan Simulasi Tanggap Darurat Bencana
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 53 kali

Mediajambi.com - Swiss-Belhotel Jambi bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran & Penyelamatan (Damkar) Kota Jambi melaksanakan simulasi tanggap darurat kebakaran dan bencana lain pada hari Jum’at, 28 Desember 2018 di lingkungan Swiss-Belhotel Jambi.

Simulasi diadakan mulai dari koordinasi internal Swiss-Belhotel Jambi melalui handy talkie berupa laporan bahwa terdeteksi asap dan sumber api, penanganan api, api tidak bisa ditanggulangi, dan perintah Ivan Bakara (General Manager) selaku Komandan Emergency Response Team Commander (EMC) untuk melaksanakan evakuasi dan menghubungi Damkar Kota Jambi.

Selanjutnya, Emergency Response Team (ERT) yang terdiri dari tim evakuasi, tim assembly point (titik kumpul), tim P3K, tim penyelamatan, dan tim fire fighter melaksanakan simulasi tugasnya masing-masing dengan dipimpin oleh Fire Commander yaitu Denny Bayu (Chief Engineering) sebagai Komandan ERT dan wakilnya Ohen (Chief Security).

Mobil pemadam kebakaran dari Damkar Kota Jambi bergerak menuju Swiss-Belhotel Jambi dan melaksanakan simulasi penyemprotan air ke bangunan Swiss-Belhotel Jambi dari area parkir lobby dan lantai 5.

Retno Kismanto,S.STP selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Peran Serta Masyarakat Damkar Kota Jambi menyampaikan bahwa peralatan dan perlengkapan yang terdapat di Swiss-Belhotel Jambi, serta langkah-langkah yang telah dilaksanakan oleh tim ERT Swiss-Belhotel Jambi telah sesuai dengan standar sehingga masyarakat atau pelanggan yang menginap di hotel ini dapat merasa nyaman dan aman. Retno juga menyampaikan dengan adanya simulasi ini diharapkan pula dapat menjadi percontohan bagi hotel-hotel lain yang belum melaksanakan simulasi ini.

“Pelatihan dan simulasi tanggap darurat kebakaran & bencana lainnya ini rutin kami laksanakan secara internal setiap 3 bulan sekali di internal Swiss-Belhotel Jambi. Hari ini, bekerja sama dengan Damkar Kota Jambi, kami menyiapkan tim ERT untuk simulasi praktik, tentunya dengan memberikan informasi terlebih dahulu kepada para tamu yang berada di hotel kami agar tidak panik dan mengetahui bahwa bunyi alarm merupakan bagian dari kegiatan simulasi ini,” jelas Ivan saat simulasi telah selesai dilaksanakan.(yen)