Rabu, 02 Januari 2019 - 08:44:46 WIB
Manfaat Pisang Ambon Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 101 kali

PISANG  adalah buah yang paling populer diseluruh dunia setelah apel dan jeruk. Indonesia merupakan peringkat ke -7 produsen pisang didunia yaitu sebesar 6,5 juta ton pertahunnya. Selain itu Indonesia juga memenuhi kebutuhan 50% pisang di Asia dengan daerah penyumbang terbanyak adalah lampung. Siapa yang  tidak kenal dengan buah pisang ambon? Buah pisang  yang dikenal menyimpan banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan  tubuh. Pisang ambon mengandung vitamin A, B1, C, serta PROTEIN. Maka itu sebabnya buah pisang ambon dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau sering dibilang hipertensi.

Pisang ambon kaya akan kalium, kandungan kalium yang tinggi ini juga bagus bagi penderita tekanan darah tinggi,kombinasi kalium tinggi dan garam yang sangat rendah menjadikan buah pisang ambon bermanfaat bagi penderita darah tinggi kalium juga dapat mengatur keseimbangan cairan elektrolit menjadikan tekanan darah tetap dalam kondisi normal kandungan serat dalam pisang ambon juga berfungsi untuk mengikat lemak pada pembuluh darah.

Pada mahasiswa prehipertensi di unai bandung, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi pisang ambon sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah.penurunan tekanan darah disebabkan karena  pisang ambon banyak mengandung tinggi kalium dan rendah natrium, kalium membantu menjaga tekanan osmotik diruang intrasel, sedangkan natrium menjaga tekanan osmotik dalam ruang ekstrasel sehingga kadar kalium yang tinggi dapat meningkatkan ekskresi natrium dalam urin (natriuresis), ssehingga dapat menurunkan volume darah dan tekana darah.

Namun sebaliknya penurunan kalium dapat ruang instrasel menyebabkan cairan dalam instrasel cenderung tertarik keruang ekstrasel dan retensi  natrium dikarenakan respon dari tubuh agar osmolalitas pada kedua kompartemen berada pada titik ekuilibrium namun hal tersebut dapat meningkatkan tekanan darah (winarno, 2009). Selain itu pisang ambon juga memiliki aktivitas angiotensi converting enzim inhibitor (ACE-1) didalam tubuh sesuai dengan namanya zat ini menghambat  kerja enzim agiotensi pada proses peningkatan tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi (Sarkar C,1999).

Jadi hubungan antara konsumsi pada pisang ambon dengan penurunan tekanan darah tinggi atau disebut  hipertensi. Dimana hasil  uji mann-whitney test di peroleh  P=0,000 ( tekanan darah sistol ) dan 0,001 (tekanan darah diastol) atau Pvalue= < 0,05 yang artinya ada hubungan yang signifikan.

Oleh : Eka Novrianti, Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim, Jambi, Jurusan Ilmu Gizi