Kamis, 10 Januari 2019 - 12:05:10 WIB
Tim Ekspedisi Korem 042 /Gapu Telusuri Keberadaan SAD
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Daerah - Dibaca: 46 kali

Mediajambi.com - Tim ekspedisi Korem 042/Gapu Jambi akan menelusuri keberadaan Suku Anak Dalam (SAD), yang tersebar di lima kabupaten dalam Provinsi Jambi. Ekspedisi ini dipimpin langsung Danrem 042/Gapu Jambi Kolonel Inf Dany Budiyanto. Ekspedisi SAD ini menggunakan sepeda motor menelusuri hutan-hutan yang dihuni SAD.

Danrem Jambi 042/Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto, pukul 24.15 WIB Kamis (10/1/2019), sudah berada di Korami 420- 03 /Pauh, untuk memimpin star secara langsung Tim Ekspedisi Garuda Putih menelusuri kawasan rimba suku anak dalam.  “Ini bentuk keseriusan kita untuk bisa melihat secara dekat saudara kita suku anak dalam, yang berada di wilayah Korem 042/Gapu Jambi, “ jelas Danrem 042 Gapu.

Kegiatan ekspedisi yang dilakukan juga akan mendata, sebaran suku anak dalam, sehingga dengan data yang dimiliki akan membantu pemerintah daerah, untuk membangun pemukiman SAD.  “Kita ketahui SAD, ada dua kelompok yang masih bertahan hingga saat ini, seperti kelompok yang sudah menerima kemajuan dan kelompok lain yang masih sangat tradisional, “ bebernya.

Di tegaskannya, kegiatan ekspedisi Garuda Putih, jadi salah satu agenda penting bagi Danrem 042 Gapu.

“Ini tidak memiliki kegiatan khusus, namun jadi agenda penting untuk kita, sebab ingin saudara kita bisa hidup sejajar, “ tegasnya.

Untuk diketahui di Provinsi Jambi ada lima kabupaten yang dihuni SAD yakni Merangin, Sarolangun, Bungo, Tebo, Batanghari . Berdasarkan data sementara jumlah 5.235 jiwa.  Orang Rimba Merangin: 1.276 Jiwa, Orang Rimba Sarolangun: 2.228 Jiwa, Orang Rimba Bungo : 395 Jiwa,  Orang Rimba Batang Hari: 629 Jiwa, Orang Rimba Tebo: 707 Jiwa.(mas)