Jumat, 23 Oktober 2015 - 20:52:38 WIB
IPSI Jambi Targetkan Empat Emas Porwil
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Ragam - Dibaca: 612 kali

Mediajambi.com - Pengurus provinsi Persatuan Sencak Silat Seluruh Indonesia (Pengprov IPSI) Jambi menargetkan empat emas Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se Sumatera di Bangka Belitung November 2015. Pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 26 pesilat hasil seleksi yang telah dilakukan.

Sekretaris Pengprov IPSI Jambi, Amirullah mengatakan pada Porwil yang juga babak prakualifikasi PON, pihaknya akan menurunkan kekuatan penuh guna meraih tiket sebanyaknya menuju PON 2016. Pasalnya KONI Provinsi Jambi memasang target cabang olahraga pencak silat harus harus bisa meraih 1 emas, 1 perak dan satu perunggu pada PON/2016 di Jawa Barat. “Kami optimis target tersebut dapat diraih,” ujarnya.

Dikatakannya atlet yang akan dipersiakan untuk Porwil nanti sebagian besar adalah mereka yang masuk dan ikut program Merpati Emas KONI Jambi, dan sisanya atlet yang lahir dari hasil Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi pada Mei 2015 lalu. "Para pesilat itu, sebagian adalah atlet masuk program Merpati Emas KONI, sedangkan sisanya akan disaring lewat Porprov, sehingga atletnya memang benar-benar hasil penjaringan tahapan seleksi," jelasnya.

Pesilat yang saat ini sedang dipersiakan dalam program Merpati Emas KONI, seperti Rosmiati dikelas E (65kg), Suci Indah Purnama kelas D (60kg), Usi Dina Sadillah kelas B (55kg), Meiti Adanty kelas A (50kg). Dibagian putranya Richan Saputra kelas B, M Rafiq (D), Sismardianto (A) dan Sanjaya (C) sedangkan untuk nomor senia (RGT) yang dipersiapkan adalah atlet tunggal dan regu putra dan putri.

Saat ini para pesilat itu sedang berlatih di padepokan IPSI Jambi di kawasan Kotabaru, di bawah bimbingan pelatih Jambi yang bersertifikat nasional. Pada Popwil sebagai ajang babak prakualifikasi PON nanti, yang bisa lolos hasil dari juara I hingga 3 akan tampil di PON 2016 di Jawa Barat.

"Target Jambi lolos ke PON mendatang harus lebih banyak karena pada PON 2012 lalu hanya bisa meloloskan empat atlet dengan meraih satu medali perunggu," kata Amirullah. (mas)