Sabtu, 24 Oktober 2015 - 11:42:22 WIB
Satgas Karhutla Kecelakaan Saat Padamkan Api
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Jambi Tuntas 2021 - Dibaca: 610 kali

Mediajambi.com- Satu dari enam orang anggota satuan tugas (Satgas) kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mengalami kecelakaan saat memadamkan api di Desa Pematang Raman, Kecamatan kumpeh Ilir Kabupaten Muaro Jambi, Jumat 23 Oktober 2015. Terpaksa dilarikan ke rumah sakit Bratanata untuk dilakukan tindakan medis.

“Wira Wijaya (24) anggota Manggala Agni Jambi mengalami kecelakaan saat mendorong lori yang mengakut air untuk memadamkan api.Penggelangan kaki kirinya harus dioperasi karena tertimpa lori. Sebenanrnya ada enam orang tapi lima yang lain tidak cedera,” ujar seorang anggota Satgas.

Untuk memadamkan api menurutnya dilahan gambut harus menggunakan lori, karena tujuannya agar cepat dan tak mungkin diangkut. “Roda lori tergelincir dari rel dan kaki menimpa korban. Sehingga penggelangan kakinya harus dioperasi dan butuh waktu tiga minggu untuk perawatannya,” ucapnya.

Pj Gubernur Jambi H Irman berkesempatan membesuk Wira Wijaya di ruang Cendana kamar 21 Rumah Sakit Bratanata Jambi. Dan turut prihatin atas kejadian tersebut, karena berupaya memadamkan api yang menyebabkan kabut asap sejak dua bulan belakangan ini.

“Pemerintah telah berupaya memadamkan api yang menyebabkan kabut asap dan  udara yang tidak sehat. Perjuangan telah panjang dan melelahkan, namun mereka tetap penuh semangat memadamkan api. Ada satu orang anggota satgas yang mengalami kecelakaan saat memadamkan api,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya pemerintah prihatin atas kejadian ini dan anggaplah ini suatu perjuangan memadamkan api. Dia menyampaikan kepada masyarakat upaya pemadaman api telah dilakukan secara maksimal dengan mengerahkan anggota TNI, Polri, BPBD dan manggala Agni. Namun hingga saat ini kabut asap belum hilang.

“Kita berharap hujan segera turun untuk memadamkan api, dan pada hari rabu lusa akan dilakukan shalat istisqo meminta hujan. Asap harus ditanggulangi dengan bekerja secara maksimal,” ucapnya.(mas)