Kamis, 04 Februari 2016 - 08:31:16 WIB
Istana Anak-Anak Akan Jadi Kawasan Parkir
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 561 kali

 Mediajambi.com - Pembangunan pusat parkir di kawasan Istana Anak-anak oleh Pemkot Jambi akan segera dimulai. Namun pihak Pemkot Jambi belum memastikan kapan hal itu akan dilaksanakan. “Tahun ini sudah kita mulai pembongkaran terlebih dulu,” kata Walikota Jambi, Syarif Fasha.

 Fasha mengatakan bahwa biaya pembongkaran akan menelan dana Rp700 juta. Sementara untuk pembangunan Rp60 miliar dari dana APBD. Pusat parkir ini nantinya gedung berlantai 6. “Lantai 1 khusus untuk penjual souvenir khas Jambi. Mulai dari souvenir, keramik, pernak-pernik kecil khas Jambi. Sedangkan lantai 2 hingga lantai 6 untuk parkir roda 2 dan 4,” katanya.

 Para pedagang nanti kita alihkan ke samping Gloria setelah itu akan kita intruksikan ke Pasar Angsoduo yang baru," jelasnya.

 Dijelaskannya, bahwa untuk pembangunan fisik akan mulai dilakukan pada tahun 2017 mendatang. Hal ini guna mengurangi masalah macet yang menjadi persoalan utama di kawasan padat penduduk dan pasar. Kemacetan juga dipengaruhi sempitnya lahan parkir yang ada.

 Selain itu keberadaan Pedagang Kaki Lima juga ikut menyebabkan kemacetan. Beberapa titik kemacetan terutama di kawasan pasar juga bisa disebabkan banyaknya parkir kendaraan di badan jalan. Oleh karena itu, pembangunan gedung parkir ini dapat menjadi solusi sekaligus meningkatkan PAD dari sektor parkir.

Kepala Dinas Pasar Kota Jambi, Duria Sunita mengatakan bahwa pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi kepada para pedagang di lokasi tersebut. “Kita sudah mulai lakukan sosialisasi kepada para pedagang, supaya mereka juga siap,” katanya.(yen)