Kamis, 18 Februari 2016 - 08:46:20 WIB
Wali Kota Fasha Resmikan Kantin Hijau
Diposting oleh : Ir Fitriani Ulinda
Kategori: Kota - Dibaca: 426 kali

Mediajambi.com - Kantin bernuansa asri dan sejuk di Balai Kota Jambi telah resmi di Launching oleh Walikota Jambi, Senin (15/2). Kantin yang menawarkan berbagai macam aneka menu baik nusantara dan masakan khas Jambi itu diberi nama Kantin Hijau.

Pembukaan secara resmi kantin tersebut diawali dengan membuka tirai yang bertuliskan kantin hijau dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Walikota Jambi Syarif Fasha didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jambi Yuliana Fasha bersama segenap kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kota Jambi.

Dalam laporannya, Ketua TP PKK Kota Jambi Yuliana Fasha mengatakan bahwa kantin hijau ini di buka dengan empat gerai yang menawarkan berbagai macam menu dan jajanan, mulai dari menu nusantara sampai menu daerah khas Jambi, diantaranya menu sarapan pagi dan juga makan siang kerjasama TP PKK Kota Jambi dengan ASMAMI (Asosiasi Makanan Dan Minuman) Kota Jambi.

“Itu baru awal, tapi nanti menu-menu itu akan kami tingkatkan. Sehingga komplit,” katanya.

Sementara itu, Walikota Jambi Syarif Fasha dalam sambutannya mengatakan bahwa dinamakan Kantin Hijau karena warna hijau merupakan warna yang di cintai oleh Rasulullah SAW. Hijau juga melambangkan Kota Jambi sebagai Kota Hijau yang Asri, Sejuk, dan Nyaman. Selain itu juga warna hijau adalah warna lambang Kota Jambi. Makanya dipilih warna hijau, dan juga dengan Kantin Hijau," ujar Walikota.

Pembukaan kantin di Balai Kota ini juga untuk menjawab semua permasalahan yang dialami oleh PNS di Kota Jambi. Dimana, mereka (PNS-red) sering jajan diluar saat jam kerja.

Dengan dibukanya kantin ini, maka PNS tak lagi buang-buang waktu untuk jajan diluar, sehingga kedisiplinan dan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Kantin Hijau juga akan dilengkapi dengan fasilitas Free Wifi, sehingga membuat pengunjung semakin betah. Nantinya, di dekat kantin itu akan dibangun taman dan gazebo, yang diharapkan dapat menambah nuansa alam yang indah saat menyantap aneka menu masakan yang tersedia.

“Kita juga akan pasang conblock disekeliling kantin untuk parkir. Untuk halaman depan juga akan kita beri cannopy,” katanya.

Penambahan cannopy itu untuk memfasilitasi para petani hidroponik di Kota Jambi. Nantinya, para petani sayuran, produk UMKM, dan lainnya diperbolehkan berjualan di depan kantin itu. “Petani sayuran, cabai, beras, dan lainnya boleh berjualan di sini. Asalkan produknya asli Kota Jambi,” katanya.

Kantin Hijau tersebut disewakan pemerintah Kota Jambi dengan TP PKK Kota. Diharapkan dengan sistem sewa, aset kantin ini juga dapat menyumbang PAD Kota Jambi.

Pasca pembukaan secara resmi oleh Walikota, tampak kantin dipenuhi para pengunjung baik dari PNS maupun masyarakat umum termasuk wartawan yang sedang melakukan peliputan. Karena setelah pembukaan Walikota mempersilahkan semua pengunjung untuk menikmati menu yang tersedia secara gratis.

"Hari ini silahkan makan secara gratis, nanti Walikota yang bayar," ujar Fasha yang saat itu tidak ikut makan karena sedang berpuasa.(yen)