KEAJAIBAN THIBBUN NABAWI

Berzikir Kurangi Tingkat Kecanduan Narkoba

Maas | Rabu, 24 Juli 2019 - 14:16:25 WIB |

Mediajambi.com  - Setiap orang yang beriman kepada Allah Ta’ala wajib meyakini bahwa sumber ketenangan jiwa dan ketentraman hati yang hakiki adalah dengan berzikir kepada kepada Allah Ta’ala. Membaca al-Qur’an, berdoa kepada-Nya dengan menyebut nama-nama-Nya yang maha Indah, dan mengamalkan ketaatan kepada-Nya.
Allah berfirman, “Karena itu, ingatlah kalian kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepada kalian dan bersyukurlah kalian kepada-Ku serta janganlah (sekali-kali) kalian mengingkari (nikmat)-Ku.” 
(QS al-Baqarah [2]: 152). 
Dia berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” 
(QS al-Ahzab [33]: 41).
Allah ta'ala berfirman:
"Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, akan tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka."[QS. Al-Israa': 44] 
Allah Ta’ala berfirman,
“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS ar-Ra’ad:28).
Artinya: dengan berzikir kepada Allah Ta’ala segala kegalauan dan kegundahan dalam hati mereka akan hilang dan berganti dengan kegembiraan dan kesenangan.
Bahkan tidak ada sesuatupun yang lebih besar mendatangkan ketentraman dan kebahagiaan bagi hati manusia melebihi berzikir kepada Allah Ta’ala. Bertasbih kepada Allah memberikan ketenangan
Bertasbih kepada Allah memberikan ketenangan.
“Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.” (Thaha: 130)

*Penelitian ilmiah tentang Dzikir*
Kendler et all 1997 menyatakan Hasil penelitian menunjukkan penurunan status 
 kecanduan dari responden pecandu narkoba menjadi tingkat yang sangat ringan. 
Indriana noor et al 2014 juga meneliti bahwa denganBerdzikir rutin pagi dan petang, diamati bahwa kadar endorfin dalam tubuh responden mengalami kadar yang meningkat signifikan. Endorphin adalah morfin alami dalam tubuh yang disintesis endogen di dalam tubuh yang menjadi opiat (penenang) normal bagi tubuh untuk relaksasi sistemik. Jika endorphin meningkat didalam tubuh, penelitian ini menemukan efek eksogen dari kecanduan narkoba menjadi tidak lagi dominan dan mengalami penurunan yang tajam.  Sehingga hasil akhir riset ini menyimpulkan bahwa dzikir mengurangi tingkat kecanduan narkoba. Selain itu manfaat kesehatan lain, hormon kortisol (hormon stress) dengan melakukan dzikir pagi dan petang secara rutin, mengalami stabilisasi dan berpengaruh positif dengan marker2 sistem imun yang diperlihatkan dari hasil pemeriksaan berfungsi secara stabil dan baik dimana faktor2 peradangan sisten imun tidak ditemukan.
Subhanallah Alhamdulillah AllahuAkbar...
فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan. (QS. Ar Rahman)

By.
Bunda ME
MEITY ELVINA










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)