KEAJAIBAN THIBBUN NABAWI

Dr. Meity Elvina, M.Ked, SpOG, PGCert.

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa ??

Maas | Sabtu, 11 Mei 2019 - 15:28:42 WIB |

Bismillahirrahmanirahim

JIKA wanita hamil ingin “memaksakan” untuk berpuasa dengan alasan kuat selama melakukan puasa atau malah malas untuk mengganti puasa di bulan-bulan berikutnya, apakah  cukup aman baik bagi dirinya maupun janin yang dikandungnya? Lalu bolehkah ibu hamil berpuasa? Kenali syarat puasa bagi ibu hamil berikut ini.

Sebuah penelitian dilakukan oleh ilmuwan AS berdasarkan sensus di AS, Irak, dan Uganda. Penelitian itu menemukan wanita hamil yang berpuasa cenderung memiliki bayi lebih kecil. Bayi kecil tersebut juga cenderung rentan kesulitan belajar ketika besar.

Para peneliti dari Columbia University itu menemukan tren ini paling kelihatan ketika ibu hamil berpuasa pada awal kehamilannya dan selama musim panas ketika hari terang lebih panjang. Itu artinya puasa berjalan lebih panjang pada musim panas. Buat ibu hamil itu ternyata membahayakan kesehatan janinnya.

Beruntung iklim di Tanah Air tidak mengenal musim panas dengan hari terang panjang. Lama waktu puasa pun sekitar 14 jam sehari. Karena itu, para ibu yang sedang hamil tidak ragu untuk berpuasa selama kehamilan.

bahwa puasa pada dasarnya diperbolehkan untuk ibu hamil yang keadaan ibu dan bayinya sehat. Dengan keadaan hamil tanpa masalah, bahkan trimester pertama pun dibolehkan berpuasa.

Selama kondisi kesehatan wanita hamil dan janin yang dikandungnya setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan sehat, maka wanita hamil diperbolehkan untuk berpuasa dengan syarat ibu hamil tetap mampu memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi dirinya maupun janin yang dikandungnya. Pemenuhan nutrisi ini harus sama dengan kondisi ketika tidak berpuasa cuman yang berbeda pemenuhan nutrisi ini dipindah waktunya tentunya dilakukan pada saat sahur dan berbuka puasa serta antara waktu berbuka puasa dan sahur.

Kandungan nutrisi dan gizi yang seimbang sekitar 2.500 kalori dalam sehari, dengan komposisi:

1. *50% karbohidrat/sumber Gula (sekitar 308 gram)* bukan gula pasir ya. Cukup sumbernya dari buah2an pun bisa.

2. *30% protein (sekitar 103 gram)* Sumber protein dari 20 asam amino yang terdapat di madu dan lauk pauk yang TIDAK DIGORENG ATAU DIBAKAR

3. *10-20% lemak (sekitar 75 gram)*

Minyak zaitun

*Pemenuhan nutrisi dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dari produk2 natural Ciptaan Allah.* Jangan konsumsi makanan olahan/kemasan dan cepat saji. Makanan minuman halal dan thayyib yang terdiri dari  sayur, buah, biji2an, lauk pauk, dan produk hewani setiap kali bersantap buka dan sahur.

*(QS ABASA 24-32)*

*IBU jangan tinggalkan 3 produk ini setiap hari:*

1. *MADU 3 X 1 SDM*

2. *KURMA 7 BUTIR*

3.  *MINYAK.ZAITUN 3X1 SDM*

Ketiga Produk allah ini diyakini adalah saripati dari 3 kebutusan sel.

*Madu* (sumber 20 asam amino)

*Kurma* (kebutuhan karbohidrat/gula demgam indeks glikemik yang baik) serta kaya berbagai vitamin dan mineral.

*Minyak zaitun*(sumber lemal MUFA omega 9)

*Ketiga ini lah yang secara fitrah utk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama berpuasa sesuai tuntunan Quran dan sunnah* yang sudah saya observasi  dari penelusuran riset2 ilmiah yang valid.

Wassalam

Bunda Meity

 

Berikut ini kondisi ibu hamil yang tidak diperbolehkan puasa:

1. Menderita diabetes melitus

Ibu hamil dengan diabetes harus menjalani pola makan sedemikian rupa agar gula darah tetap terkontrol. Karena itu, puasa bagi ibu hamil yang menderita diabetes tidak disarankan. Pasalnya, selain harus menjalani terapi obat secara teratur, ibu hamil juga harus mematuhi program makan yang telah dibuatkan supaya kadar gula dalam darah bisa tetap terkontrol/bisa tetap stabil.

2. Hipertensi

Tekanan darah selama kehamilan harus terkontrol dengan baik. Terlebih lagi pada ibu yang tekanan darahnya harus dikontrol dengan obat-obatan. Tekanan darah yang naik turun harus dihindari karena berbahaya buat kesehatan ibu dan bayinya.

3. Perdarahan

Puasa bagi ibu hamil dengan perdarahan akan menambah parah perdarahan tersebut. Ibu hamil sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengatasi keadaan ini.

4.Sakit maag

Memaksakan diri berpuasa pada ibu hamil yang punya sakit maag akan memberi peluang bagi kekambuhan penyakit itu.

5. Dehidrasi

Kondisi ini berbahaya untuk kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Dalam keadaan seperti ini, ibu hamil sebaiknya cepat berbuka. Terlebih lagi ibu hamil yang terancam dehidrasi karena diare, muntah-muntah, keringat dingin

Wallahu alam bishawab

Bunda Meity

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)