RAGAM

Danrem Gapu Tegaskan Netralitas Prajurit Yonif 142/KJ

Maas | Jumat, 15 Maret 2019 - 22:47:54 WIB | dibaca: 36 pembaca

Mediajambi.com - Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudi menegaskan seluruh prajurit TNI untuk memegang teguh netralitas tidak ikut dalam masa kampanye penyelenggaraan Pemilu 2019. "Saya menegaskan bahwa tahun 2019 merupakan tahun politik. Kepada seluruh prajurit untuk tidak mencoreng nama baik institusi dan selalu menjaga netralitas," kata Danrem.

Penegasan ini disampaikannya saat mengunjungi satuan jajarannya di Markas Yonif Raider 142/KJ yang berada di di kawasan Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Kamis (14/3/2019), kepada 250 orang anggota dan Persit Danrem 042/Gapu. "Mari kita ciptakan pemilu aman, tentram dan damai,” kata Danrem

Danrem menjelaskan tuntutan agar TNI bersikap netral tertuang dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Pada Pasal 2 huruf (d) dijelaskan jika tentara profesional, yaitu tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis, dan dijamin kesejahteraan, serta mengikuti kebijakan politik negara yang menganut prinsip demokrasi, supremasi sipil, hak asasi manusia, ketentuan hukum nasional, dan hukum internasional yang telah diratifikasi. Selain itu pada pasal 39 secara spesifik prajurit TNI dilarang menjadi anggota partai politik dan terlibat dalam kegiatan politik praktis. Alasannya netralitas TNI dalam pemilu merupakan harapan seluruh masyarakat.

"Tekad TNI adalah untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi benteng keutuhan NKRI. Karena itu, prajurit mempertahankan dan meningkatkan soliditas TNI. Selain itu juga, menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat agar TNI selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa," katanya.

Untuk diketahui, Danrem bersama Ketua Persit Koorcabrem Ny. Vera Elphis Rudy serta pejabat utamanya Kasi Intel Rem 042/Gapu Letkol Inf Harizoni Pulungan, dan Kapenrem Mayor Inf Firdaus. Mereka disambut langsung Komandan Yonif  R 142/KJ Mayor Inf  Ikhsanuddin dan Ketua Cabang Yonif R 142/KJ dan jajaran. Kunjungan Danrem ke Yonif tersebut merupakan kunjungan pertama kalinya pasca dilantik sebagai Komandan Korem. “Walaupun ditengah kesibukan, saya ingin bertemu dengan prajurit di satuan kewilayahan. Karena pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, oleh karena itu alangkah baiknya ketemu di jalan bisa kenal dan saling sapa,” ujar Danrem.(***)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)