KOTA

Empat Pasien Belum Diketahui Rekam Kontaknya

Maas | Selasa, 19 Mei 2020 - 05:54:32 WIB |

Mediajambi.com- Tren Kasus positìf corona di Jambi terus naik. Minggu (17/5) kemarin bertambah satu. Sehingga yang positif covid-19 di Jambi sudah tembus angka 80. Sementara pasien sembuh baru empat orang, setelah ada penambahan satu orang, kemarin.

Pasien positif Ke-80 di Jambi berasal dari Kota Jambi. Jubir gugus tugas penanganan covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah menjelaskan, pasien dengan kode 80 itu berinisial SK.

Seorang perempuan berusia 47 tahun dirawat di RSUD Abdul Manap Kota Jambi. Pasien ini merupakan kontak pasien 15 yang punya riwayat perjalanan ke Jakarta," sebutnya.

Dengan tambahan satu pasien baru ini, total pasien positif di Kòta Jambi jadi 25 orang. Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan bahwa tambahan 1 orang itu inisial, SK (47) berjenis kelamin perempuan. Ia memiliki riwayat kontak erat dengan pasien 15 (Jakarta).

Sementara itu, pasien positif corona Ke-4 yang sembuh di Jambi berasal dari Tanjab Barat. Dia adalah pasien 05, yang dulunya punya riwayat perjalanan dari Bogor dan Jakarta. Menurut Johan, pasien 05 dinyatakan sembuh setelah dua kali uji swab terakhirnya dinyatakan negatif.

Menurut dia, pasien ini berasal dari Tanjab Barat, perempuan berinisial NY umur 42 Tahun. Saat ini pasien dalam perawatan di RSUD H Daud Arif, Kuala Tungkal. "Memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta-Bogor dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Namun tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah," katanya.

Selain penambahan pasien positif yang terus meningkat, yang perlu diwaspadai saat ini adalah fenomena penularan virus asal Wuhan, China tersebut. Sebab saat ini setidaknya ada empat pasien positif yang belum jelas rekam kontaknya hingga tertular. Semuanya di Kota Jambi. Satu diantaranya adalah pasien 15 Kj. Perempuan 23 tahun berinisial DA itu diketahui positif covid setelah  keguguguran. Sampai saat ini belum diketahui rekam jejak kontaknya.

Kemudian, tiga pasien lagi dirawat di RS Siloam Kota Jambi. Tiga positif Covid-19 baru ini yakni pasien 76 pernah operasi di RS Siloam Kota Jambi, dan pasien 78 dan 79 yang dinyatakan riwayatnya pernah melakukan cuci darah di RS Siloam. Ke tiga pasien itu diumumkan positif pada Sabtu (16/5).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yuliati mengatakan sampai kemarin, ketiga pasien itu tidak diketahui tertular Covid-19 dari klaster mana. "Yang jelas ini kan melalui tracing, bisa saja tertular dengan orang yang tanpa gejala (OTG). Makanya itu pentingnya kita sosial distancing, pakai masker, rajin cuci tangan. Karena sejatinya kita tidak tahu orang yang berada di samping kita ini terpapar virus atau tidak," kata Ida.

Sementara Jubir penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah mengungkap ketiga pasien ini dinyatakan positif Covid-19 bukan karena pernah berpergian ke luar daerah sebelumnya. "Mereka bawaan penyakit pasien saja. Sebelumnya tak pernah keluar daerah. Mereka di Jambi saja," katanya.

Menurut Johansyah, pasien 76 pernah menjalani operasi patah tulang di RS Siloam. "Sesuai standar penanganan pasien di tengah situasi pandemi, bagi yang berobat harus di rapit test. Saat itu pasien 76 itu hasilnya positif. Makanya diambil uji swab, hasilnya positif diumumkan hari ini," jelas Johansyah, Sabtu lalu.

Kemudian, Pasien 78 dan 79, karena sebelum berobat cuci darah di rapit test di RS siloam, maka selanjutnya diambil swabnya dan hasilnya hari ini (Sabtu,red) positif. "Ketiganya dirawat di RSUD Abdul Manap, dan akan kita cek," katanya.

Untuk diketahui, 3 pasien yang terkait RS Siloam ini yakni dengan identitas Pasien 76, berinsial ON laki-laki umur 70 tahun. Kemudian Pasien 78, berinisial LP, Perempuan umur 38 tahun, serta satu lainnya Pasien 79, berinisial MP, perempuan berumur 50 tahun. (Yen)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)