KOTA

Ajak 3 Besar ke Singapura Ikuti Program SCP

Fasha Jadi Pembicara di Diklat Kepemimpinan Provinsi

Maas | Selasa, 23 Juli 2019 - 07:54:03 WIB |

Mediajambi.com- Walikota Jambi Syarif Fasha, menjadi pembicara pada Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan XII Pemerintah Provinsi Jambi, di kantor Diklat Provinsi Jambi, Senin (21/7/2019).
Dalam kesempatan tersebut, Fasha menjelaskan mengenai birokrasi Pemerintah Kota Jambi. Mulai dari anggaran, realisasi pendapatan, hingga kebijakan yang dikeluarkan.
Dalam materi yang sampaikan, Fasha menjelaskan mengenai materi Enterprener Birokrasi.
Menurut Fasha, ditingkat eselon III, ASN harus mampu membekali diri dari enterprener birokrasi dimana para ASN dituntut untuk selalu mampu berinovasi dalam menghadapi revolusi industri 4.0.
Saya pilih materi enterpreneur birokrasi karena untuk eselon III ini saya pikir mereka sudah harus diberi pembekalan tidak hanya birokrasi murni tapi juga harus dibekali dengan enterprener birokrasi. Tugas yang bisa diimpleentasikan dengan Rencana Proyek Perubahan (RPP) sesuai dengan tugas mereka nantinya,” jelasnya.
Fasha menjelaskan bahwa birokrasi enterpreneue adalah suatu birokrasi pemerintah yang memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan. Misalnya dengan karakteristik beorientasi pada kebutuhan masyarakat (cutumer oriented), efisien, inovatif, responsive dab kompetitif dalam rangka penyelenggaranan tugas dan fungsinya.
“Jadi kita sebagai ASN di Pemerintahan harus mampu mengejar teknologi yang terus berkembang saat ini. Dimana revolusi industri 4.0 yang sudah masuk ke Indonesia saat ini semua serba digital. Jika kita tidak mampu menguasai teknologi yang berkembang saat ini, maka akan ketinggalan,” katanya.
Fasha juga menjelaskan apasaja prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Kota Jambi. Baik prestasi di tingkat nasional bahkan hingga internasional. Salah satunya Kota Jambi mampu memberangkatkan ASN untuk belajar ke Singapur melalui pelatihan Singapore Cooperation Programmer (SCP) tanpa menggunakan APBD sama sekali.
"Untuk di Indonesia hanya beberapa daerah yang bisa mengikuti program ini. Para ASN belajar selama seminggu disana dan dibiayai oleh pemerintah Singarupra. Yang diberangkatkan ini sudah tahun ketiga,” bebernya.
Menariknya, Walikota Jambi Syarif Fasha berjanji akan memberangkatkan sebanyak 3 ASN dari mendapatkan 3 besar di Diklat kepemimpinan tingkat III angkatan XII Pemerintah Provinsi Jambi tersebut.
"Saya berjanji akan memberangkatkan 3 besar dari Diklat kepemimpinan ini untuk ikut program SCP ini. Nanti bisa sama sama dengan ASN Kota Jambi belajar ke Singapura,” tuturnya, disambut tepuk tangan para peserta yang berasal dari seluruh Kabupatan se Provinsi Jambi.
Fasha berharap melalui Diklat Kepemimpinan ini, mampu menghasilkan ASN yang berkualitas. Juga mampu berinovasi sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya di masing masing jabatan.
“Harapan saya dengan diklat ini, peserta lebih mampu meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi. Juga menjadi ASN yang bertanggungjawab dan kritis dimana jabatan sebagai eselon II, mereka mampu menjawab masalah masyarakat baik terutama dengan inovasi atau yang kita sebut dengan revolusi indistru 4.0,” pungkasnya.(Yen)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)