Ekonomi

Harga Cabe Merah di Jambi Melambung

Maas | Jumat, 14 Juni 2019 - 13:15:56 WIB |

Mediajambi.com – Berdasarkan pantauan harga-harga dibeberapa pasar di Kota Jambi seperti Pasar Angso Duo, Talang Banjar dan Simpang Pulai komoditi Cabe merah dalam beberapa hari belakangan terus mengalami kenaikan. Harga cabe merah besar dua hari yang Rp.38.000 kemaren naik menjadi Rp.44.000/kg atau sebesar Rp.6.000 dan hari ini naik menjadi Rp60.000/kg.

“Naiknya harga komoditi cabe merah disebabkan berkurangnya pasokan baik lokal maupun dari pulau Jawa. “Dalam beberapa hari ini harga cabe merah mengalami perubahan harga,” ujar Haryadi pedagang pengecer di Simpang Pulai.

“Harga cabe merah dalam sepekan ini sudah stabil, pekan lalu menjelang dan pasca lebaran Idul Fitri 1440 hijriah harga cabe mencapai Rp 80.000 perkilogram, hari ini mencapai Rp 60.000 /kg,” ucapnya.

Dalam berita resmi statisk Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Jambi Bulan Mei 019 antara lain adalah cabai merah, bawang putih, daging ayam ras, angkutan antar kota, bayam, angkung, udang basah, kentang, jeruk, dan sawi hijau. Sementara itu komoditas utama yang emberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Muara Bungo adalah jeruk, cabai merah, engkol, nila, bawang putih, kentang, daging ayam ras, cabai rawit, semangka, dan gula pasir.

Pada bulan Mei 2019 Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,38 persen. Inflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada 6 (enam) kelompok pengeluaran yaitu kelompok bahan makanan sebesar 2,10 persen; kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,35 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,01 persen; kelompok sandang sebesar 0,12 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,09 persen; serta kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,33 persen.(mas)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)