KOTA

Pemkot Jambi Akan Siapkan Angkutan Massal

Maas | Kamis, 25 April 2019 - 09:48:32 WIB |

Mediajambi.com- Pemkot Jambi dalam waktu dekat akan menyiapkan angkutan massal berupa Bus Rapid Transit (BRT). BRT ini nantinya akan menggunakan capsule bus dengan kapasitas 14 seat.

Rencananya program angkutan massal  ini akan disesuaikan dengan kapasitas jalan yang ada. Nantinya BRT ini akan dibuat sesuai dengan Koridor dalam kota.

Dikatakan Saleh Ridho kepala Dishub kota Jambi bahwa ada jalur yang akan menggunakan BRT. Diantaranya jalur lingkar dan jalur dalam kota. Sementara untuk jalur lingkar baru akan mengajukan bus ke pihak kementrian. "Kalau jalur dalam kota sudah ada investasi dari pihak swasta yakni berupa bus sebanyak 5 sampai dengan 6 unit bus dengan kapasitas 14 seat," kata Saleh Ridho.

Meskipun BRT akan segera hadir di kota Jambi, namun menurutnya angkot tidak akan mati. Dikarenakan angkot akan mejadi penghubung antara jalur gender angkot ke koridor dalam kota. "Sehingga ada konektifitas antara veder dengan bus yang ada. Head Way nya ya, bus yang Koridornya menggunakan koridor utama yang ada," katanya.

Sementara untuk vender angkot pihaknya sedang mencari dimana saja vender yang sesuai. Sehinga masyarakat jika harus berjalan tidak terlalu jauh. "Jadi tinggal pesan online dengan aplikasi yang akan segera dibuat, lalu berjalan menuju angkot yang ada, kemudian diantar ke BRT. Penumpang juga tidak akan menunggu terlalu lama karena dalam aplikasi tersebut sudah tersedia peta, sehingga penumpang tinggal melihat peta berapa lama lagi angkot atau BRT akan tiba," jelasnya.

Menurutnya pembaruan sistem dan cara seperti ini, terdapat harapan agar masyarakat bisa pindah dari akses angkutan pribadi ke angkutan umum. "Kalau tidak ada pembaruan angkutan umum begitu, maka masyrakat akan sulit berpindah," katanya.

Sementara untuk pembayaran tarif pihaknya masih menyesuaikan, berapa tarif yang akan dikenakan. "Nanti apakah ada diskon untuk pelajar atau mahasiswa," singkatnya.

Sementara itu, Dikatakan walikota Jambi Syarif Fasha bahwa pemkot Jambi sudah menjajaki kerjasama dengan pihak swasta. Nantinya BRT ini akan hadir seperti capsule bus atau mobil engkel yang bermuatan 14 penumpang termasuk dengan sopir.

Menurut Fasha dimana saja posisinya penumpang bisa dijemput menggunakan BRT dengan sistem online.  "Untuk awal ini akan dibuka 5 sampai denhan 6 koridor, dimana saja lokasi penjemputan," kata Fasha.

Menurutnya angkot kedepan tidak akan mati, karena, Angkot akan berperan sebagai pengumpan titik kumpul. "Nanti angkot yang mengumpan di lorong-lorong kecil, baru nanti penumpang naik di koridor yang sudah ada," jelasnya.

Fasha menargetkan harus ada 100 bus yang tersedia agar BRT ini terus berkembang. Namun menurutnya sebelum Lebaran ini akan hadir 5 bus sebagai percobaan. pihaknya saat ini masih membuat jalur koridor, serta menyesuaikan tariff.  "Saat ini bus nya masih dipesan di karoseri, kalau tidak terkejar paling lambat awal Juli sudah bisa diakses," katanya.

Sebelumnya diberitakan BRT akan hadir dengan berbagai kenyamanan bagi para penumpang. Selain bisa dipesan seperti ojek online, BRT juga dilengkapi dengan peta yang bisa disesuaikan dengan koridor bus yang tersedia.

Selain itu, pada capusule bus akan dilengkapi dengan berbagai keamanan dan kenyamanan. Seperti kamera CCTV, free wifi, tujuan bisa disesuaikan, dan pembayaran dilakukan dengan non tunai. (Yen)

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)