PERTANIAN

Penyuluh Perkebunan Perlu Diaktifkan Lagi

Maas | Senin, 28 Oktober 2019 - 12:49:27 WIB |

Mediajambi.com - Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jambi, Evi Suherman mengatakan penyuluh perkebunan di Kerinci dan Sungai Penuh perlu diaktifkan lagi. Keberadaan penyuluh perkebunan mendesak dalam pengembangan komoditi perkebunan, khususnya kopi Kerinci yang saat ini tengah booming.
"Penyuluh khususnya untuk perkebunan tidak ada.  Kita akan usulkan agar Pemprov Jambi membantu  minimal tujuh orang di Kerinci," kata Evi saat melakukan kunker ke sentra pengembangan Kopi di Kerinci, Senin (28/10/2019). 
Menurutnya, pembinaan dan bimbingan terhadap petani dalam hal pembibitan penanaman pemeliharaan pengolahan hingga pasca panen perlu dilakukan. "Supaya petani menghasilkan kopi yang berkualitas," paparnya. Saat ini, penyuluh yang khusus menangani masalah perkebunan, nyaris tidak ada karena bergabung ke penyuluh pertanian secara umum. 
Dikatakan Evi pihaknya sengaja turun  ke lapangan untuk melihat langsung  pengembangan kopi, seklaigus melihat  persoalan dan kesulitannya. "Kita juga ingin tahu kendala ekspor, mengapa selama ini tidak melalui Pelabuhan Talang Duku Jambi," ungkapnya. 
Luas kebun kopi rakyat di Kerinci saat ini Arabika 809 hektar dan robusta 6.914 hektar dengan jumlah petani 1.444 KK. Produksi sekitar 300 ton pertahun. 
"Kerinci memiliki kebun kopi Arabika terluas di Provinsi Jambi," jelas Kabid PSPHP Disbun Provinsi Jambi. Kopi termasuk salah satu komoditi andalan Jambi, selain karet dan kelapa sawit. (lin)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)