RAGAM

PVL On The Spot Ombudsman Temukan Masalah di RSUD Raden Mattaher

Maas | Rabu, 25 September 2019 - 16:01:12 WIB |

Mediajambi.com -Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi menggelar kegiatan PVL On The Spot di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi, Selasa (24/09). Ombudsman menerjunkan tim yang terdiri dari dua asisten bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL), satu asisten bidang pencegahan dan stu staf Ombudsman. Kegiatan seperti ini sebelumnya telah dilaksanakan pada beberapa lokasi layanan publik. Tujuannya untuk mengamati pelayanan publik dan menerima laporan dari masyarakat secara langsung.

Di lokasi, Tim PVL On The Spot Ombudsman mengunjungi kamar rawat inap kelas 2 dan 3 serta ruang cuci darah. Hasilnya ditemukan beberapa permasalahan seperti banyaknya kamar rawat inap yang rusak. Terdapat 28 kamar rawat inap kelas II, namun hanya 14 kamar atau sebanyak 42 tempat tidur yang bisa digunakan. Sisanya rusak seperti toilet mampet, masalah air bersih, plafon bocor dan 3 lainnya dialih fungsikan untuk penyimpanan alat-alat kesehatan hingga belum memiliki fasilitas tempat tidur.

Banyaknya kamar yang tidak bisa digunakan itu, menurut Tim Ombudsman sangat kontras dengan banyaknya masyarakat mengantri untuk mendapatkan kamar rawat inap. “Memang kamar kita lagi penuh, jadi masyarakat harus menunggu sebentar untuk bergantian dengan pasien yang akan pulang nanti,” kata Novriyanti Pengelola Pengaduan dan Koordinator Rawat Inap kepada Tim Ombudsman.

Temuan lainnya terdapat di ruang pelayanan cuci darah RSUD Raden Mattaher. Yaitu kurangnya kursi untuk keluarga pendamping pasien. Padahal untuk pelayanan cuci darah membutuhkan waktu 5 jam untuk satu orang pasien.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi, Jafar Ahmad mengatakan Ombudsman akan memanggil Dirut RSUD Raden Mattaher dan mengagendakan pertemuan untuk menyampaikan temuan. Ombudsman berharap perhatian lebih dari pemerintah Provinsi Jambi dan pihak terkait mengingat pelayanan RSUD Raden Mattaher merupakan bentuk pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat Provinsi Jambi.

“Kami mengagendakan pemanggilan Dirut dan manajemen RSUD Raden Mattaher, upaya apa yang sudah dan akan dilakukan untuk perbaikan pelayanan kepada masayarakat. Pemprov juga harus memberikan perhatian terhadap akar masalah dan mendasar di rumah sakit ini,” tandasnya.(mas)

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)