KOTA

Ratusan Jemaah Haji Kota Jambi Siap Diberangkatkan

Maas | Rabu, 12 Juni 2019 - 09:17:09 WIB |

Mediajambi.com-  Sebanyak 619 calon jemaah haji dari Kota Jambi siap berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun ini.

Jumlah 619 jemaah yang diberangkatkan, kata Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Jambi, Muhammad Sayuti melebihi besaran kuota haji Kemenag Kota Jambi tahun 2018 yang hanya 612 orang. "Tahun ini kita ada tambahan kuota sebanyak 33 jamaah," kata Sayuti, Selasa (11/6).

Kata dia, persiapan di tingkat Kota Jambi semuanya sudah hampir selesai. Tinggal pengecekkan kesehatan akhir sebelum keberangkatan dan juga paspor. Sebab masih ada beberapa jamaah yang belum melakukan cek kesehatan dan pengurusan paspor. Selain itu juga masih akan dilakukan manasik haji ditingkat kecamatan. "Ada sekitar 12 jemaah lagi yang paspornya belum siap, jadi ini terus kita monitor," katanya.

Sayuti menambahkan ratusan calon jemaah haji dari Kota Jambi tersebut bakal diberangkatkan dalam 2 kloter. Yaitu tergabung dalam kloter 20 dan kloter 21. Rencananya akan mulai diberangkatkan pada 26 Juli 2019. "Kita berangkat menuju Batam, setelah itu langsung ke Jeddah," katanya.

Sayuti menuturkan, berbagai persiapan pemberangkatan yang telah ditempuh jemaah antara lain pelaksanaan manasik pemerintah maupun swasta. Total akan dilaksanakan manasik sebanyak 10 kali. "Itu wajib diikuti, jadi 8 kali manasik tingkat kecamatan dan dua kali tingkat kota madya. Biasanya seperti itu," ujarnya.

Dia berpesan agar para jamaah haji tetap menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan. Berdasarkan data, jamaah haji paling tua asal Kota Jambi berumur 90 tahun, dan yang termuda umur 24 tahun. "Informasi nya disana musim panas, jadi tetap jaga kesehatan dan pola makan," pungkasnya. (Yen)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)