KOTA

Ruang ICU RSUD HAM Resmi Beroperasional

Maas | Rabu, 02 Oktober 2019 - 09:18:46 WIB |

Mediajambi.com- Rumah Sakit Umum Daerah H Abdul Manap Kota Jamb baru memiliki ruang ICU. Selasa (1/10) dilakukan peresmian operasional oleh Wakil Walikota Jambi Dr dr Maulana,MKm.

Dengan sudah beroperasinya ruang ICU 5 tempat tidur tersebut, belum menunjukan standar rumah sakit type C, karena seharusnya rumah sakit type C memiliki ruang ICU 5,8 persen tempat tidur dari total tempat tidur yang ada di rumah sakit  H Abdul Manap.  “Dengan ruang ICU 5 tempat tidur ini, baru ada 2,5 persen. Standarnya 5,8 persen. Total tempat tidur di RS HAM ada lebih kuran 180,” kata Direktur Utama RSUD H Abdul Manap Rudi Pardede.

Ruang ICU beserta kelengkapan alat kesehatannya sebut Rudi sudah dibangun sejak 2017 dan berkelanjutan 2018 lalu. Anggarannya bersumber dari dana Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) RS HAM dan Dana Alokasi Khusus (DAK).  “Alkesnya dari DAK sekitar Rp 5 M, kalau ruangannya kita rehab dari dana BLUD rumah sakit,” ungkapnya.

Sementara Wakil Walikota Jambi Maulana mengatakan, ruang ICU RSUD H Abdul Manap resmi beroperasi. Saat ini tersedia 5 tempat tidur dan dilengkapi alat kesehatan untuk ruang ICU itu.

 “Tahun depan dan selanjutnya Insyaallah akan terus ditambah, karena pelayanan ICU ini sangat dubutuhkan oleh masyarakat,” kata Maulan usai peresmian operasiona ruang ICU RS HAM.

Lebih lanjut Maulana menyebutkan, RSUD HAM merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah yang terus meningkatkan pelayanan dan mengambil peran untuk memberikan pelayanan  terbaik. “Selama ini masyarakat masih kesulitan mencari pelayanan ICU,” imbuhnya.

Kedepan sebut Mualana, sarana dan prasana serta sumberdaya manusianya akan terus ditingkatkan.

“Yang ada ini sudah lengkap, masing-masing  tempat tidur memiliki alat bantu nafas dan semua peralatan sudah standar. Dokter anastesinya ada 2,” ungkap Maulana.

Kata Maulana, sebelum adanya ruang ICU, RS HAM memiliki pelayanan HCU yang setingkat lebih rendah dari ICU. “Sebelum ada ICU kita punya pelayanan HCU,” pungkasnya. (Yen).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)