DAERAH

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bekali P3K kepada Pramuka di Tapal Batas

Maas | Minggu, 16 Februari 2020 - 21:04:55 WIB |

Mediajambi.com  - Pertolongan pertama pada kecelakaan atau yang biasa disingkat P3K merupakan upaya yang dilakukan secara cepat dan tepat dalam memberikan pertolongan kepada seseorang atau diri sendiri saat dalam keadaan bahaya dan mengancam nyawa.
Saat melakukan kegiatan pertolongan pertama pada kecelakaan, seseorang harus terlebih dahulu mengetahui cara atau tehnik dalam memberikan pertolongan, sehingga upaya tepat dilakukan pada sasaran, tehnik dan cara pertolongan tidak datang begitu saja tetapi melalui proses belajar terlebih dahulu.
Demikian dikatakan Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas lewat Rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Minggu pagi (16/2/2020).
"Materi tentang pertolongan pertama pada kecelakaan kali ini diajarkan oleh Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Tim Kesehatan Pos Laktutus yang terdiri dari Pratu Irwansyah dan Prada Aziz bersama 4 orang personel Pos Laktutus lainnya kepada siswa-siswi Pramuka Sekolah Menengah Aatas Negeri (SMA N) Raimanuk Kecamatan Nanaet Duabesi Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur," ungkapnya. 
"Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 30 orang dan mereka diajarkan bagimana cara mengatasi luka ringan, mengatasi pendarahan, patah tulang serta cara melakukan nafas buatan," jelas Ikhsanudin.
Guru Pembina Pramuka, Ibu Catmelita, S.Pd (35) mengatakan bahwa materi P3K yang diberikan oleh Tim Kesehatan Pos Laktutus tersebut merupakan materi yang sangat bermanfaat bagi anak didiknya.
"Melalui kegiatan seperti ini, siswa-siswi kami mendapatkan banyak sekali tambahan pengetahuan khususnya materi pertolongan pertama pada kecelakaan," ujar Ibu Catmelita.
Ditempat yang sama, salah seorang siswi SMA N Raimanuk Monika Moru (15) mengatakan bahwa dirinya sangat senang mendapat materi P3K.
"Saya akan mempelajari secara serius materi pembekalan pertolongan pertama pada kecelakaan ini, semoga suatu saat saya dapat memberikan pertolongan pertama bagi orang lain," tutur Monika Moru sambil tersenyum.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N Raimanuk Bapak Zufri Ngampu, S.Pd (42) mengatakan bahwa mereka sangat terbantu dengan adanya kegiatan pembekalan yang dilakukan oleh personil Pos Laktutus, dan ia juga berharap semoga para siswa-siswinya kelak dapat menerapkan kegiatan tersebut kepada orang lain, dimanapun mereka berada.
"Kami keluarga besar SMA N Raimanuk mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang telah bersedia memberikan penyuluhan P3K kepada anak didik kami," ucap Zufri.
"Waktu dan tempat yang telah kami berikan kepada Pos Laktutus tidak sia-sia, ternyata siswa-siswi kami mendapatkan pelajaran yang sangat berharga, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI, semoga selalu sukses dalam bertugas," tambah Zufri.
Terpisah, Danpos Laktutus Letda Inf Jefri Gunawan menyampaikan tanggapannya tentang kegiatan yang telah dilakukan personelnya di SMA N Raimanuk.
"Kami Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ akan terus melakukan berbagai kegiatan positif bagi masyarakat perbatasan, termasuk bagi para pelajar yang ada di tapal batas," tandas Jefri.(***)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)