JAMBI TUNTAS

Sekda: Tour De Singkarak Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Maas | Jumat, 08 November 2019 - 22:53:39 WIB |

Mediajambi.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si mengemukakan, perekonomian masyarakat Jambi, khususnya masyarakat Kerinci tentu mengalami peningkatan dengan adanya event Tour de Singkarak (TdS) Etape 7 Kerinci Tahun 2019. Hal tersebut dikemukakan Sekda usai Menyambut Peserta Tour de Singkarak (TdS) Etape 7 Kerinci Tahun 2019, bertempat di garis finish Dermaga Danau Kerinci, Jum'at (08/11).

"Alhamdulillah, hari ini kita telah sama sama menyaksikan penyelenggaraan TdS etape 7 Kerinci yang semuanya berjalan dengan aman, lancar dan sukses, meskipun masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki kedepannya. Masyarakat Kerinci sangat mendukung sekali TdS Etape 7 Kerinci, ini terbukti dari antusias masyarakat yang menyaksikan dari mulai garis start sampai garis finish sangat padat sekali guna memberikan dukungan kepada para peserta," ujar Sekda.

"TdS etape 7 Kerinci ini tentunya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Kerinci, salah satunya adalah turut meningkatkan perekonomian masyarakat Kerinci, ini bisa kita lihat dari hotel hotel di Kabupaten Kerinci rata rata dipenuhi oleh para peserta dan official TdS serta, wisatawan dalam dan luar negeri yang menyaksikan TdS etape 7 Kerinci ini," lanjut Sekda.

Sekda menyampaikan, nantinya Pemerintah Provinsi Jambi beserta Pemerintah Kabupaten Kerinci akan melakukan evaluasi atas penyelenggaraan TdS etape 7 Kerinci Tahun 2019, karena masyarakat Kerinci dapat merasakan secara langsung efek dari penyelenggaraan TdS etape 7 Kerinci salah satunya adalah mampu membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kerinci.

"Kedepannya kita akan melakukan evaluasi, apa apa saja yang menjadi kekurangan dalam penyelenggaraan event ini akan segera diperbaiki guna penyelenggaraan TdS tahun 2020, karena event ini sangat membantu dalam membangkitkan geliat perekonomian masyarakat Kerinci serta membantu dalam mempromosikan wisata Kerinci kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Jadi efek yang timbul akibat TdS etape 7 Kerinci ini sangat besar sekali, baik untuk Pemerintah maupun masyarakat, khususnya masyarakat Kerinci," kata Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menambahkan, Pemerintah Provinsi Jambi akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci dalam memberikan rasa nyaman kepada peserta dan official TdS serta para wisatawan yang berkunjung ke Kerinci, salah satunya adalah meningkatkan pelayanan penginapan yang ada di Kabupaten Kerinci, sehingga benar benar siap menerima para wisatawan yang datang di Bumi Sakti Alam Kerinci.

Bupati Kerinci, Dr.H.Adirozal,M.Si, mengucapkan terima kasih kepada race management Tour de Singkarak tahun 2019 yang telah memasukkan Kabupaten Kerinci pada etape 7 Tour de Singkarak dan juga Pemerintah Provinsi Jambi yang turut membantu dalam memperjuangkan Kabupaten Kerinci untuk mendapatkan etape pada Tour de Singkarak.

"Alhamdulillah, dengan masuknya Kerinci dalam etape Tour de Singkarak pada tahun ini, tentu saja turut membantu dalam memperkenalkan indahnya alam Kerinci ini dan juga membantu dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kerinci," kata Adirozal.

Adirozal mengajak ibu ibu dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) untuk lebih kreatif lagi dalam membuat souvenir souvenir dan kuliner khas kerinci, karena event besar ini merupakan suatu kesempatan bagi masyarakat Kerinci dalam membangkitkan Kerinci, serta mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Kerinci.

"Saya mengharapkan, dengan adanya Tour de Singkarak di Kabupaten Kerinci, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kerinci, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara akan terus bertambah setiap tahunnya, karena Kerinci juga merupakan branding wisata di Provinsi Jambi," pungkas Adirozal.

Tour de Singkarak Etape 7 Kerinci Tahun 2019 diikuti oleh 75 pembalap dari sebelumnya berjumlah 108 pembalap pada etape pertama, rute etape 7 Kerinci adalah, start dimulai dari Air Terjun Telun Berasap (Kayu Aro) - Gunung Labu - Desa Bento - Pasar Siulak Deras - Semurup Taher - Hiang - dan finish di Dermaga Danau Kerinci.

Adapun hasil Tour de Singkarak etape 7 Kerinci Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

A. Stage Individual Classification

1. Mohammad Ganjkhanlou dari tim Foolad Mobarakeh Sepahan asal Iran

2. Akmal Hakim Zakaria dari tim Sapura Cycling asal Malaysia

3. Jesse Ewart dari tim Sapura Cycling asal Malaysia

B. Best Indonesian Rider (Red and White Jersey)

1. Agung Sahbana dari tim KFC Cycling

C. Best Climbers' Classification (Polkadot Jersey)

1. Ismael Jr Grospe dari tim Go For Gold Philippines

D. Best Sprinters' Classification (Green Jersey)

1. Jesse Ewart dari tim Sapura Cycling

E. Individual General Classification By Time (Yellow Jersey)

1. Jesse Ewart dari tim Sapura Cycling

Selanjutnya, Tour de Singkarak Etape 8 Tahun 2019 akan berlangsung besok pada tanggal 09 November 2019 di Kota Sungai Penuh menuju Kabupaten Pesisir Selatan yang dimulai dari Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh dan berakhir di Alun alun Painan Kabupaten Pesisir Selatan. (mas)

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)