USAHA

Sembilan IKM di Jambi Terima Bantuan Kementrian Perindustrian

Maas | Kamis, 28 Maret 2019 - 17:35:11 WIB |

Mediajambi.com-  Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian  berupaya mendorong penumbuhan dan pengembangan wirausaha industri dengan menargetkan  terciptanya 20.000 wirausaha baru.

IKM pada akhir tahun 2019. Penumbuhan wirausaha baru dilaksanakan melalui berbagai pendekatan, baik melalui potensi yang dimiliki oleh provinsi,  kabupaten/kota, maupun potensi kelompok masyarakat tertentu.  

Adapun pelaksanaan program tersebut dapat bekerja sama dengan kementerian atau lembaga terkait, pemerintah daerah Kab./Kota, serta anggota DPR RI Komisi VI selaku mitra kerja Kementerian Perindustrian.

IKM memiliki peran yang sangat strategis dalam perekonomian nasional. IKM terbukti tahan terhadap krisis ekonomi yang terjadi pada tahun  1998, dimana banyak industri besar yang jatuh karena fluktuasi nilai dolar yang tinggi dan tidak mampu membayar hutang.

 Sebaliknya, IKM tetap eksis karena sebagian besar tidak mengandalkan hutang dari luar tetapi dari biaya atau modal sendiri. Pada tahun 2017, IKM mampu  menyerap tenaga kerja lebih dari 10 juta orang sehingga mampu menciptakan lapangan kerja,  mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

Selain itu, kontribusi nilai output IKM terhadap nilai output industri non-migas keseluruhan diperkirakan sebesar 20%. Mengingat peran penting IKM di Indonesia, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru IKM. Sampai dengan tahun 2018, jumlah wirausahawan di Indonesia masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara maju di dunia.

 Dari total penduduk Indonesia, hanya sekitar 3,1% yang berwirausaha. Rasio tersebut masih lebih rendah dibandingkan Malaysia (5%),  Tiongkok (10%), Singapura (7%), Jepang (11%), dan Amerika Serikat (12%).

Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian berupaya mendorong penumbuhan dan pengembangan wirausaha industri dengan menargetkan terciptanya 20.000 wirausaha baru IKM pada akhir tahun 2019.

 Adapun pelaksanaan program tersebut dapat bekerja sama dengan kementerian atau lembaga terkait, pemerintah daerah Kab./Kota, serta anggota DPR RI Komisi VI selaku mitra kerja Kementerian Perindustrian.  " Pada tahun 2019, melalui Program Penumbuhan Wirausaha Baru IKM, Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian memberikan mesin peralatan atau sarana produksi kepada 9 (sembilan) kelompok IKM asal Propinsi Jambi,"

Secara simbolisnya diserahkan oleh  Endang Purweni, Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka.  yang rinciannya adalah 4 (empat) kelompok IKM dari Kota Jambi, 1 (satu) kelompok IKM dari Kab. Muaro Jambi,  1 (satu) kelompok IKM dari Kab Tanjung Jabung Timur, 1 (satu) kelompok IKM dari Kab. Tanjung  Jabung Barat, 1 (satu) kelompok IKM dari Kab. Sarolangun, dan 1 (satu) kelompok IKM dari Kerinci.

Untuk IKM asal Kota Jambi, fasilitasi sarana produksi diberikan kepada kelompok wirausaha baru IKM makanan, sandang, perbengkelan roda dua, dan perbengkelan las.  Adapun serah terima fasilitasi sarana produksi tersebut dilaksanakan pada,Kamis (28/3/2019) di Kota Jambi.

Dihadiri oleh 4 (empat) kelompok IKM penerima, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi, dan Bapak Ihsan Yunus selaku Anggota DPR RI Komisi VI dari Provinsi Jambi.  Melalui kegiatan ini diharapkan kelompok IKM penerima dapat memulai usaha dengan memanfaatkan mesin/peralatan yang diterima dengan sebaik-baiknya sebagai alat produksi.

Selain di Kota Jambi, fasilitasi sarana produksi juga telah diserahterimakan bagi kelompok IKM pangan di Kab. Tanjung Jabung Barat, kelompok IKM perbengkelan roda dua di Kab. Tanjung Jabung Timur, dan kelompok IKM pakaian jadi di Kab. Muaro Jambi.

 Adapun pada awal bulan April 2019 akan menyusul serah terima bagi kelompok IKM kopi di Kab. Kerinci, dan kelompok  IKM konveksi di Kab. Sarolangun. Sinergi dalam membangun dan mengembangkan wirausaha IKM antara Bapak Ihsan  Yunus selaku Anggora DPR RI Komisi VI melalui penyaluran aspirasi kelompok-kelompok IKM asal  Propinsi Jambi, Direktorat Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian melalui  pemberian bantuan sarana produksi bagi IKM, dan dinas-dinas perindustrian Kab/Kota di Propinsi  Jambi melalui rekomendasi proposal kelompok IKM dan kesediaan menerima hibah mesin/peralatan, telah berlangsung sejak tahun 2014 hingga 2019.

Setiap tahunnya rata-rata sebanyak 9 (sembilan) kelompok IKM mendapatkan bantuan sarana produksi yang dapat digunakan untuk memulai usaha.(yen)

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)