KOTA

Bicara di Forum APEKSI,

Walikota Sy Fasha Promosikan Jambi di Indonesia City Expo 2019

Maas | Selasa, 09 Juli 2019 - 08:59:44 WIB |

Mediajambi.com- Walikota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) turut memberikan rekomendasi strategis pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke XIV APEKSI tahun 2019 digelar selama 3 hari, dari tanggal 2 hingga 6 Juli 2019 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pertemuan tahunan Walikota se-Indonesia yang dibuka secara resmi oleh Menteri dalam Negeri Tjahyo Kumolo pada Rabu pagi (3/7) itu dirangkai dengan event Pawai Budaya Nusantara dan Indonesia City Expo' 2019. Sebelumnya, 98 Walikota se-Indonesia peserta Rakernas APEKSI dijamu pemerintah daerah setempat dalam acara jamuan makan malam (welcome dinner) yang berlangsung di The Renaissance, Graha Candi Golf, Semarang.

Dengan mengusung tema sentral "Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah," Rakernas juga diisi dengan paparan dari berbagai stakeholder terkait, seperti Mendagri Tjahjo Kumolo, Menpan RB Syafruddin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, serta Ketua Umum APEKSI Airin Rachmi Diany.

Wakil Ketua Umum DPP APEKSI H. Syarif Fasha yang juga Walikota Jambi, turut menyampaikan gagasan konstruktifnya. Ia juga banyak memberikan masukan yang membahas agenda strategis termasuk mengeluarkan rekomendasi Rakernas kepada pemerintah pusat.

Sidang Rakernas yang berlangsung Ballroom Hotel Po Semarang itu, selain membahas Program Kerja APEKSI tahun 2019 juga mengeluarkan beberapa Rekomendasi strategis kepada pemerintah pusat.

Kepada sejumlah awak media, di ballroom Hotel Po Semarang, Walikota Syarif Fasha mengatakan, agenda APEKSI kali ini adalah tentang penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah untuk mendukung profesionalitas aparatur dan kemandirian daerah.

Saat ditanya tentang pentingnya kegiatan itu bagi pemerintah dan masyarakat Kota Jambi, Fasha menjelaskan, bahwa APEKSIsebagai forum kerjasama daerah dapat menambah koneksi strategis Pemkot serta menjadi salah satu solusi pembiyaan dalam membangun Kota Jambi.

"Ini adalah forum kerjasama antara Walikota dan stakeholder laninya. Kerjasama antar daerah ini dapat memperpanjang hubungan atau meluaskan kerjasama daerah yang kita butuhkan untuk membangun Kota Jambi. Seperti disini kita juga dapat saling bertukar informasi serta mengenal kelompok-kelompok atau negera dan lembaga donor dari jejaring para Walikota peserta Apeksi ini," jelas Fasha.

Fasha menambahkan, forum APEKSI bagi Kota Jambi juga berdampak positif sebagai ajang promosi daerah guna mengenalkan potensi Tanah Pilih Pusako Batuah ke nusantara.

"Kita juga berkesempatan memanfaatkan Rakernas ini menjadi ajang promosi daerah. Disini kita mengenalkan seni budaya daerah dan potensi Kota Jambi ke nusantara, karena Pemkot Jambi juga ikut serta dalam Pawai Budaya Nusantara dan pameran produk unggulan daerah di stand Indonesia City Expo' 2019," tambah Fasha.

Terkait dengan hasil Rakernas APEKSI ke XIV, Fasha mengatakan, Rakernas telah menetapkan kebijakan strategis organisasi 1 tahun kedepan dengan menetapkan program kerja dan rekomendasi yang telah menjadi keputusan Rakernas.

Sebelumnya, Mendagri Tjahyo Kumolo, saat membuka Rakernas menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah kota se-Indonesia, khususnya para Walikota yang telah memfasilitasi terlaksananya proses pemilu serentak hingga berjalan secara demokratis, aman, tertib dengan tingkat partisipasi pemilih yang sangat tinggi.

Di samping itu, menurut Mendagri, sukses itu juga tak terlepas dengan terjaminnya stabilitas keamanan atas kerja keras Polri, TNI, BIN dan semua pihak.

"Semoga sukses ini akan meningkatkan kualitas dan bobot demokrasi kita yang akan memasuki Pilkada serentak 270 daerah pada September tahun depan," harap Mendagri.

Mendagri juga berpesan, agar pemerintah kota mampu menjadi contoh tentang tata kelola pemerintah dan pelayanan publik dengan pendekatan digital serta melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat dan efisien serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah perkotaan.

Ditempat yang sama Ketua APEKSI Airin Rachmi Diyani dalam sambutannya, berharap melalui Rakernas tersebut seluruh kota yang tergabung dalam APEKSI dapat maju bersama dengan melihat potensi yang dimiliki dari daerah masing-masing. Diakuinya, masing-masing kota pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun dengan kerjasama antar daerah yang dilakukan, masing-masing kota dapat saling mengisi.

Airin juga meyakini, para peserta Apeksi memiliki visi dan misi yang sama untuk membangun daerahnya serta mensejahterakan masyarakatnya. "Mudah-mudahan Rakernas ini menghasilkan yang bermanfaat dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat di daerahnya masing-masing," pungkas Walikota Tangerang Selatan itu.

Sementara itu, pada pameran potensi daerah di Indonesia City Expo' 2019, tampak stand Pemerintah Kota Jambi antusias dikunjungi warga. Berbagai produk unggulan Jambi termasuk batik Jambi yang memiliki motif khas dan langka itu menjadi serbuan pengunjung. Tak kalah menariknya adalah pentas seni budaya Kota Jambi yang berlangsung pada Kamis malam (4/7) di pentas utama Indonesia City Expo. Pengunjung tampak takjub menyaksikan keagungan seni budaya Jambi yang ditampilkan oleh Tim Kesenian Tanah Pilih Pusako Batuah binaan Pemerintah Kota Jambi. (yen)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)