USAHA

Buka Pelatihan Batik Khas Jambi

Yuliana Fasya Harap Batik Jambi Bisa Berkembang

Maas | Selasa, 26 Maret 2019 - 10:52:56 WIB | dibaca: 61 pembaca

Mediajambi.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jambi, Yuliana Fasha menghadiri sekligus membuka secara resmi acara pelatihan pembuatan Batik Khas Jambi yang diselenggarakan oleh Pertamina EP asset 1 field Jambi untuk kelompok batik Sipin jajaran yang berdiri dan dibina sejak April 2018 oleh Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, Senin (25/3/19).

Kegiatan yang berlangsung di Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi ini juga dihadiri oleh Perwakilan dari Bagian Perekonomian Pemkot Jambi, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Kota Jambi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi, BNN Provinsi dan Kota Jambi, Camat Danau Sipin, Lurah Legok, dan Tokoh-tokoh masyarakat sekitar Kawasan Danau Sipin. Dari pihak Pertamina EP juga dihadiri oleh M. Rizal Rukhaidan selaku Asset 1 Legal & Relation Manager beserta jajaran dari Pertamina EP Asset 1 dan Jambi Field.

Yuliana Fasha dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pertamina EP asset 1 field Jambi yang sudah satu tahun membina kelompok batik jajaran sipin, karena menurutnya Danau Sipin memang menjadi salah satu pusat perhatian kota jambi untuk pembangunan.

“Saya berterimakasih, karena disini kita butuh pengalihan, pengalihan karena kita tahu daerah ini seperti apa dulunya, dan kedepannya kita harap lebih baik, salah satu lebih baik yang kita lakukan yaitu memberdayakan masyarakat disini dengan cara membatik,” ungkap Yuliana Fasha.

Selain itu, Yuliana Fasha juga menyarankan agar Kelompok Batik Sipin Jajaran dapat terdaftar dalam asosiasi yang menaungi kelompok-kelompok pengerajin batik Jambi agar Pemerintah juga dapat membantu dan menjalin sinergi yang lebih baik lagi kedepannya.

“Setidaknya kami bisa mengikutkan Batik Sipin Jajaran dalam ajang-ajang pameran dan kedepannya membantu pemasaran terkait produk-produk ekonomi kreatif yang dihasilkan masyarakat Kota Jambi”, terang Yuliana Fasha.

Tidak hanya itu saja, Yuliana Fasha juga berharap antara Dekranasda Kota Jambi dan Pertamina dapat bersinkronisasi program, tidak hanya dalam pembinaan, pelatihan, tetapi juga dalam promosi dan juga meningkatkan penjualan.

“Jadi batik ini tidak hanya berupa industri rumah tangga, tapi kami berharap menjadi industri yang terus berkembang dengan penerimaan pesanan tetap banyak setiap tahunnya,” harap Yuliana Fasha.

Pembukaan acara pelatihan ini dilakukan pengecapan motif batik Angso Duo khas jambi, yang dimulai oleh Hj. Yuliana Fasha yang diikuti oleh tamu undangan yang hadir. Selanjutnya seluruh tamu undangan meninjau langsung workshop Batik Sipin Jajaran. (***)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)