8000 Dosis Vaksin Tiba di Gedung Farmasi Kota Jambi

By Maas, SH 13 Jan 2021, 13:58:35 WIB KOTA
8000 Dosis Vaksin Tiba di  Gedung Farmasi Kota Jambi

Keterangan Gambar : 8000 Dosis Vaksin Tiba di Gedung Farmasi Kota Jambi


Mediajambi.com- 8.000 dosis vaksin tiba di Gedung Farmasi Kota Jambi, Selasa (12/1) kemarin. Kedatangan vaksin ini juga terlihat dikawal ketat Kepolisian. Ribuan vaksin tersebut tampak dikemas di dalam 4 kardus.

Setelah dilakukan serah terima, vaksin tersebut langsung dibawa petugas ke dalam gedung Farmasi, untuk kemudian disimpan di lemari pendingin bersuhu 2 sampai 8 derajat celcius.

Kadinkes Kota Jambi, Ida Yuliati mengatakan, total kebutuhan ada 14.240 dosis yang diperlukan untuk vaksinasi di Kota Jambi. Dengan jumlah sasaran vaksinasi 7.939 orang. “Yang kita terima baru segitu. Sisanya kita belum tahu kapan,” sebutnya.

Kata dia, mulai hari ini, Rabu (13/1), vaksi-vaksin tersebut akan diditribusikan ke tiap rumah sakit dan Puskesma serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jambi yang telah ditunjuk untuk melakukan pelayanan vaksinasi.

Selain itu, pada hari ini, seluruh wilayah di Indonesia akan bersama-sama melihat pencanangan vaksin untuk pertama kali, yang akan disuntikkan kepada Presiden RI, Joko Widodo. Kemudian esoknya, akan kembali dilakukan pencanangan vaksin di Kota Jambi, bertempat di Mako Damkar Kota Jambi.

Lanjut Ida Yuliati, tiap tempat pelayanan vaksinasi sudah ada masing-masing petugas yang sebelumnya telah dilatih oleh pemerintah untuk melakukan vaksinasi. Sehingga ia meminta agar masyarakat tidak khawatir.

“Tiap tempat yang sudah kita tunjuk sudah ada ahlinya. Kemarin sudah dilatih oleh pemerintah. Nanti peserta itu akan disuntik dua kali, jaraknya selama 2 minggu dari suntikkan pertama,” jelasnya.

Namun tetap, dalam vaksinasi ini juga tidak asal suntik. Akan ada sejumlah alur vaksinasi yang telah disiapkan petugas. Informasi yang didapat, pada pencanangan vaksin, Kamis (14/1) esok, ada sejumlah pejabat yang akan divaksin.

Seperti di antaranya Kapolresta Jambi, Ketua DPRD Kota Jambi, Kasdim 0415/BTH, Plt Kajari Jambi, Kepala Pemadama dan Penyelamatan Kota Jambi, dan beberapa lainnya.  (Yen)