96 Perusahaan Terbuka Peraih Top Corporate Award 2020

By Maas, SH 08 Okt 2020, 22:31:06 WIB Ekonomi
96 Perusahaan Terbuka Peraih Top Corporate Award 2020

Mediajambi.com - Pandemi Covid-19 telah memaksa pelaku bisnis menelan pil pahit. Tidak sedikit perusahaan dipaksa membatasi kegiatannya untuk mengikuti physical distancing. Sebagian lagi terpaksa mengurangi bahkan menghentikan kegiatannya karena permintaan akan barang dan jasa yang dihasilkan memang telah berkurang akibat menurunnya konsumsi dan daya beli masyarakat.

Tidak terasa situasi tersebut telah berlangsung tujuh bulan. Namun dampak ekonominya sangat nyata dirasakan. Terutama di kalangan pelaku bisnis, kinerja keuangan mulai terkoreksi, pendapatan dan laba perusahaan mulai menurun. Menghadapi situasi tersebut perusahaan harus mengambil strategi bertahan hidup.

Untuk mengukur keberhasilan perusahaan menghadapi Pandemi Covid-19, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia berinisiasif melakukan survei untuk menentukan perusahaan-perusahaan publik berkinerja positif dengan melakukan analisa kinerja perusahaan terhadap lebih dari 700 perusahaan-perusahaan publik (Emiten) yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Dengan mengacu kepada 3 aspek penilaian, yaitu: Business Revenue Aspect, Nett Profit Aspect dan Digital Corporate Brand Awareness Aspect, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia memberikan apresiasi TOP CORPORATE AWARD 2020 kepada emiten terpilih berdasarkan hasil  survei  TOP CORPORATE INDEX yang telah dilakukan. TOP CORPORATE AWARD 2020 merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan TOP di Indonesia yang telah berhasil dalam membangun perusahaan dan memiliki kinerja positif.

CEO TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo menjelaskan, Penghargaan Top Corporate Award 2020 merupakan bentuk dukungan dari TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID kepada Perusahaan-perusahaan Emiten di Indonesia untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan sehingga mampu bersaing di peta persaingan bisnis di Indonesia.

“Secara khusus, Top Corporate Award 2020 memberikan apresiasi dan pengakuan terhadap emiten di Indonesia, yang telah terbukti berhasil melewati situasi sulit selama Pandemi Covid-19, dengan mempertahankan kinerja positif dari sisi corporate brand awareness, pendapatan dan laba bersih selama semester satu 2020,” jelas Tri Raharjo.

Menurut Tri Raharjo, apresiasi Top Corporate Award 2020 menjadi bukti keberhasilan perusahaan publik dalam mempertahankan kinerja positif selama masa Pandemi Covid-19, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan terbuka, serta memicu emiten lain agar bekerja lebih baik lagi. Penghargaan juga diharapkan menjadi pemicu kepercayaan stakeholder, shareholder dan trader terhadap emiten peraih penghargaan.

“Kami juga berharap, Top Corporate Award 2020 akan memberikan iklim bisnis yang positif di masa pandemi bagi perusahaan-perusahaan publik di Indonesia,” tutup Tri Raharjo.

Dari survei kinerja perusahaan dilakukan terhadap lebih dari 700 Perusahaan-perusahaan Publik (Emiten) yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama Semester I 2020. Survei TOP Corporate Index 2020 dilakukan dengan menggunakan metodologi Desk Research. Pertama, Digital Corporate Brand Awareness Aspect, mengukur tingkat popularitas corporate brand awareness perusahaan terbuka tersurvei di internet dengan menggunakan internet based survey dengan bobot penilaian yaitu 20%. Kedua, Revenue dan Revenue Growth Aspect, untuk mengukur tingkat pendapatan periode 1 tahun dari perusahaan terbuka tersurvei pada tahun 2019 dan pertumbuhan pendapatan jika dibandingkan dengan perolehan pendapatan pada tahun 2018 dengan bobot penilaian yaitu 40%. Pertumbuhan perolehan pendapatan tersebut berdasarkan laporan keuangan tahunan, yaitu tahun 2018 dan tahun 2019 yang telah terpublikasi secara resmi. Dan ketiga, Nett Profit & Nett Profit Growth Aspect, yang mengukur laba bersih perusahaan terbuka tersurvei periode 1 tahun pada tahun 2019 dan  pertumbuhan laba jika dibandingkan dengan perolehan laba perusahaan pada tahun 2018 dengan bobot penilaian yaitu 40%. Pertumbuhan perolehan Nett Profit tersebut berdasarkan laporan keuangan tahunan, yaitu tahun 2018 dan tahun 2019 yang telah terpublikasi secara resmi.

Selanjutnya TOP CORPORATE AWARD 2020 diberikan kepada Perusahaan Terbuka yang telah berhasil lolos penilaian survei dan telah memenuhi 3 (tiga) kreteria penilaian akhir, yaitu; perolehan minimal pendapatan perusahaan terbuka tersurvei pada tahun 2019 diatas 1 (satu) Triliun Rupiah. Perusahaan Publik tersurvei yang memiliki profit perusahaan diatas 100 Miliar disepanjang tahun 2019. Dan perusahaan Publik tersurvei berhasil memperoleh profit positif untuk laporan keuangan semester 1 tahun 2020.

Adapun 96 perusahaan terbuka peraih Top Corporate Award 2020 antara lain; PT Bank Mayapada Internasional Tbk, PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT MNC Studios International Tbk, PT Darya-Varia Laboratoria Tbk. Selanjutnya PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk, PT Duta Pertiwi Tbk, Tunas Ridean Tbk, PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk, dan 87 perusahaan terbuka lainnya.(***)

 

 




Loading....


Online Support (Chat)

maas_sh