Adi Rozal Terharu Kopi Kerinci di Ekspor Via Pelabuhan Jambi

By Maas, SH 28 Jul 2020, 17:22:04 WIB PERTANIAN
Adi Rozal Terharu Kopi Kerinci di Ekspor Via Pelabuhan Jambi

Mediajambi.com - Bupati Kerinci, Adi Rozal terharu karena Kopi yang dihasilkan petani Kerinci sudah bisa diekspor melalui Pelabuhan lokal, Talang Duku. Selama ini ekspor dilakukan melalui pelabuhan provinsi tetangga, Belawan Sumut, Teluk Bayur Sumbar dan Pelabuhan Panjang Lampung.

"Kopi Kerinci sejak lama sudah diekspor, tapi baru hari ini melalui pelabuhan Jambi sendiri. Saya sangat bangga dan berterima kasih," ungkapnya dengan nada suara bergetar. 

Dia berharap langkah ekspor lewat Talang Duku ini bisa diikuti oleh kabupaten lain yang memiliki komoditi kopi yang berkualitas.

Menurut Adi selama ini pemasaran menjadi masalah serius dalam  pengembangan kopi di Kerinci. Dengan ekspor melalui pelabuhan lokal ini dia optimis pemasaran lebih luas dan bisa meningkatkan harga kopi. "Sekali lagi saya berterima kasih, ini mendorong petani semakin bersemangat menanam kopi," katanya dengan suara tercekat.

Karena katanya menanam kopi membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga sembari menunggu panen banyak petani yang bekerja lain, termasuk menjadi buruh. Sehingga harga jual kopi hendaknya meningkat agar dapat mensejahterakan petani kopi.

Dia berharap pembinaan terhadap petani dilakukan menyeluruh sehingga semua petani bisa menghasilkan kopi sesuai standar yang diinginkan. (Lin)




Loading....


Online Support (Chat)

maas_sh