Bareskrim Polri : Sistem Penanganan Satgas Karhutla Jambi Cukup Baik

By Maas, SH 19 Nov 2020, 15:22:29 WIB HUKRIM
Bareskrim Polri : Sistem Penanganan Satgas Karhutla Jambi Cukup Baik

Mediajambi.com- Tim Asistensi Karhutla Bareskrim Polri mengakui sistem penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) oleh tim gabungan Satgas Karhutla Provinsi Jambi sudah sangat cukup baik dimana ditandai dengan minimnya atau berkuranganya jumlah penegakan hukum kasus karhutla di Jambi.

Hal itu disampaikan oleh ketua Tim Asistensi Karhutla Bareskrim Polri, Brigjen Pol M Nurochman, di Jambi, Rabu,(18/11/2020) usai melakukan periksa kelengkapan sarana dan prasarana Satgas Gabungan Karhutla Provinsi Jambi, di Lapang Mapolda Jambi.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Asistensi Karhutla Bareskrim Polri, Brigjen Pol M Nurochman tersebut, juga turut memeriksa penegakan hukum terhadap perusahaan dan masyarakat yang melakukan pelanggaran.

Tim Asistensi Karhutla Bareskrim Polri mengakui bahwa, langkah pencegahan yang selama ini diutamakan dan dijalankan oleh Satgas Karhutla Provinsi Jambi sangat berperan dalam menurunkan presentasi Karhutla di Provinsi Jambi.

"Hasil dari pemeriksaan Tim Bareskrim Polri, Jambi sudah dalam posisi sangat baik dan siap," kata Brigjen Pol M Nurochman.

Sepanjang tahun 2020 ini penegakan hukum jauh berkurang karena sejak awal kita selalu mengedepankan pencegahan.

Sementara itu Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Edi Faryadi mengatakan, hasil pemeriksaan oleh Tim  Asistensi Karhutla Bareskrim Polri tersebut, dipastikan, bahwa, sistem penanganan Satgas Gabungan Karhutla  Provinsi Jambi sudah berjalan dengan sangat baik dan dalam kondisi siap.

Edi menjelaskan, Tim Asistensi Karhutla Bareskrim Polri, yang diketuai oleh Brigjen Pol M Nurochman merupakan, tim yang bertugas untuk mengevaluasi penanganan kebakaran di daerah Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

Selain itu, Tim Asistensi Karhutla Bareskrim Polri ini juga bertugas untuk menangani penegakan hukum terhadap pelaku, atau perusahaan yang melakukan pembakaran.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB tersebut didampingi langsung oleh, Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi,  Danrem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI M Zulkifli.

Kemudian diikuti oleh tim Satgas Gabungan Karhutla Provinsi Jambi, yang tergabung dari, Personil Polairud, Brimob, Samapta, Manggala Agni, Telkom. Selain itu, turut juga dari tim Dinas Kehutanan, BNPB, BPBD, Polres, Basarnas, Polres Jajaran, dan Satpol PP.(Yen)