BPS Provinsi Jambi - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unja Jalin Kerjasama

By Maas, SH 19 Feb 2021, 17:39:58 WIB Ekonomi
BPS Provinsi Jambi - Fakultas Ekonomi dan  Bisnis Unja Jalin Kerjasama

Mediajambi.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi jalin kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Hal ini ditandai dengan Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerjasama (MoA), Jumat sore (19/2/2021) di BPS Provinsi Jambi.

Kepala BPS Provinsi Wahyudin mengatakan kegiatan ini sebagai wujud komitmen memajukan daerah. Sehingga membawa manfaat, dan diwujudkan dengan kerja nyata untuk kepentingan semua pihak. "Ini untuk mewujudkan Satu data Indonesia BPS berupa menyamakan data. Ini telah dilakukan pada sensus penduduk 2020 lalu," ujarnya.

Selanjutnya dengan adanya MoU dan MoA ini akan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan. BPS siap menerima mahasiswa magang bahkan data yang dimiliki BPS sangat banyak untuk diimplementasikan dalam perencanaan pembangunan daerah. Bagitu juga jika ada staf BPS yang akan melanjutkan studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unja. "Kerjasama ini saya harap dapat berlanjut,"ungkapnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unja H Junaidi  mengatakan dalam kegiatan setidaknya ada tiga aspek yang bisa diwujudkan yaitu aspek penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Dibidang pendidikan ada dosen-dosen praktisi dari BPS yang mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sebaliknya staf BPS bisa melanjutkan pendidikan di Fakultas ekonomi.

Kemudian pada aspek penelitian, data-data yang dimiliki BPS dapat diolah dan diimplementasikan untuk perencanaan pembangunan daerah. Sehingga saling menguntungkan kedua belah pihak.

sangat senang mendapat sambutan dan apa yang dikerjakan ini dapat meningkatkan kualitas dalam membangun daerah. Bahwa FE dengan merdeka belajar dan kampus merdeka sehingga bisa mengabdikan kepada masyarakat. 

Dalam konteks penelitian dan pengabdian masyarakat bisa saling sumbang pikiran. Data yang ada di BPS dapat menjadi bahan berharga dalam  perencanaan pembangunan di Provinsi Jambi.

Selanjutnya pada pengabdian masyarakat mahasiswa Fakultas Ekonomi bisnis bisa magang di BPS. Sehingga setelah tamat ini ilmu yang didapat dapat diterapkan ditengah masyarakat.(mas)