Cek Langsung Ke BPOM, Fasha : Minggu Depan Bisa Laksanakan Uji Swab Mandiri

By Maas, SH 26 Jun 2020, 10:40:56 WIB KOTA
Cek Langsung Ke BPOM, Fasha : Minggu Depan Bisa Laksanakan Uji Swab Mandiri

Mediajambi.com- Walikota Jambi Syarif Fasha melakukan pengecekan uji swab mandiri di Kantor Balai Pengawasan Obat dan Makan (BPOM) Provinsi Jambi, Kamis (25/6/2020).

Sebelumnya Pemerintah Kota Jambi bersama dengan Pemerintah Provinsi Jambi, Balai POM,Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jambi dan Fakultas Kedokteran Universitas Jambi telah menandatangani nota kesepakatan terkait dengan pelaksanaan uji swab mandiri ini.

Fasha mengatakan bahwa seluruh uji coba sudah dilaksanakan dan rencananya minggu depan sudah bisa mulai berjalan. "Dan insyallah, minggu depan nanti sudah bisa running (berjalan, red)," kata Fasha.
Selanjutnya Fasha menjelaskan bahwa kelebihan dari uji swab yang kita lakukan sendiri di Jambi adalah terkait dengan waktu, jika hari ini dilaksanakan uji swab maka dua hari setelahnya hasil sudah bisa diketahui.

Terkait dengan pengumuman hasil uji swab Fasha menjelaskan bahwa tetap melalui tahapan dan yang mengumumkan secara resmi terlebih dahulu yaitu pemerintah pusat.

"Tetapi ini ada mekanisme nanti dari hasil uji swab harus diteruskan dahulu ke Dinas Kesehatan Provinsi Jambi kemudian Dinas Kesehatan Provinsi akan melaporkan secara online kepada pemerintah pusat setelah itu pemerintah pusat akan memverifikasi dan menghubungkan baru nanti dari kita berpisah mengumumkan," jelas Fasha.

Fasha menjelaskan bahwa uji swab ini diperuntukkan untuk seluruh masyarakat Provinsi Jambi yang apabila hasil rapid test nya reaktif bisa melakukan uji swab di BPOM Jambi. "Jadi semua untuk masyarakat kabupaten kota se Provinsi Jambi ini," ujarnya. (Yen)