Harga Daging Ayam dan Cabe Merah di Jambi Turun

By Maas, SH 22 Jun 2020, 08:41:01 WIB Ekonomi
Harga Daging Ayam dan Cabe Merah di Jambi  Turun

Mediajambi.com – Berdasarkan pantauan harga-harga kebutuhan pokok dibeberapa pasar di Kota Jambi seperti Angso Duo, Talang Banjar dan Simpang Pulai Daging, Senin (22/6/2020) daging ayam broiler dan cabe merah turun. Turunnya dua komoditi itu disebabkan bertambahnya pasokan yang ada pada agen dan distributor.

Pj Kadis Perindag Provinsi Jambi Rosniva mengatakan harga daging ayam broiler mengalami penurunan harga dari Rp.33.000 menjadi Rp.32.000 atau sebesar Rp.1.000. Kemudian cabe merah besar mengalami penurunan harga dari Rp.16.000 menjadi Rp.14.000 atau sebesar Rp.2.000 disebabkan  bertambahnya pasokan cabe merah dari Jawa Tengah.”Selain itu  cabe rawit hijau mengalami penurunan harga dari Rp.20.000 menjadi Rp.18.000 atau sebesar Rp.2.000disebabkan  bertambahnya pasokan cabe rawit  dari Jawa Timur,” ujarnya, Senin (22/6/2020).

Menurutnya Prvinsi Jambi masih membutuhkan pasokan berbagai kebutuhan pokok dari luar daerah, hal ini disebabkan pasokan lokal tidak mencukupi untuk kebutuhan konsumen di Jambi. Sedangkan kebutuhan pokok lainnya dalam keadaan stabil dan tidak mengalami perubahan harga. “Secara umum harga komoditi kebutuhan pokok di Jambi masih dalam keadaan stabil dan pasokan mencukupi,” ucapnya.

Pihaknya bersama Satgas Pangan terus melakukan pemantauan harga setiap harinya dengan tujuan menstabilkan harga dan jangan sampai ada terjadi monopoli harga yang dilakukan pedagang maupun agen dengan menahan stok untuk mencari keuntungan. Apalagi dalam keadaan pandemi COVID-19 menuju News Normal.

Dikatakannya, apabila terjadi kenaikan yang signifikan maka pihaknya bersama instansi terkait akan melakukan operasi pasar (OP) guna menstabilkan harga, sehingga angka inflasi daerah terkendali.

“Harga beberapa komoditi kebutuhan pokok dalam sepekan ini tidak ada kenaikan yang signifikan, beberapa waktu lalu memang harga daging ayam, bawang merah naik. Namun kenaikan itu tidak signifikan dan masih terjangkau,” ujar Susraini pedagang pengecer daging ayam di Pasar Simpang Pulai.(mas)