Hari Nur Cahaya Murni Wanita Pertama Jabat Gubernur Jambi

By Maas, SH 18 Feb 2021, 19:12:33 WIB JAMBI TUNTAS
Hari Nur Cahaya Murni Wanita Pertama Jabat Gubernur Jambi

Mediajambi.com - Hari Nur Cahya Murni, mencatat sejarah sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Gubernur Jambi. pasca dilantik oleh Mendagri, Tito Karnavian, Kamis (18/2) karena kekosongan kursi Gubernur Jambi dimana hasil Pilkada masih bergulir di MK.
Mengutip data dari laman bangda.kemendagri.go.id,  Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si kelahiran Kutoharjo, Jawa Tengah tanggal 30 Oktober 1961 ini sudah mengantongi banyak pengalaman. Saat ini dia menjabat sebagai Direktur Jendral pada Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI.
Pada periode 2016 hingga 2019, dia pernah menjabat sebagai Direktur BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri.
Hari Nur Cahya Murni ini juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Mendagri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga. Amanah itu diembannya pada 1 Februari 2019 sampai dengan Juli 2020 lalu.
Terhitung 1 Juli 2020, Hari Nur Cahya Murni menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri hingga sekarang. Dia memiliki pangkat terakhir sebagai pembina utama atau golongan IV/e.

Pendidikan terakhirnya dia selesaikan di Institur Pertanian Bogor (IPB) pada 2000 lalu. Dia menyelesaikan studi doktor (strata-3) pada Program Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, dan lulus dengan predikat cum laude.
Sebelumnya, jenjang magister (strata-2) dia selesaikan pada program studi Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia pada 1995, dan sarjana (S-1) Ekonomi Manajemen di Universitas Lambung Mangkurat pada 1985. (yen)