LAPAS Kuala Tungkal Canangkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

By Maas, SH 01 Mar 2021, 05:45:32 WIB HUKRIM
LAPAS Kuala Tungkal Canangkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

Mediajambi.com  -  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas ll B Kuala Tungkal mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI)  menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)  dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WWBK). Deklarasi ditandai pula dengan kerjasama serta penghargaan kepada Steakholder, Forkompinda serta PWI Tanjab Barat.di Aula Lapas Kuala Tungkal, di Jl Teluk Nilau Kec Bram Itam,  Kamis (25/02).

Kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, dihadiri o Kapolres,  Dandim 0419/Tanjab, diwakili Pasi Intel,  Kejaksaan,  Ketua Pengadilan Negeri,  Kementrian Agama setempat. Juga hadir Kadis Koperindag,  Perikanan dan Kelautan,  Tanaman Pangan dan Holtikultura,  Perkebunan dan BLK Produktivitas Prov. Jambi.

Kalapas, Sugiharto, Bc. I. P, S.Sos, mengucapkan terima kasih pada seluruh undangan  karena menyambut baik deklarasi janji kinerja Lapas menuju WBK/WBBM ini.  Tanpa bantuan dan kerjasama dari semua steakholder, pihak Lapas katanya tidak dapat berbuat dan bekerja dengan maksimal.  "Terimakasih atas support dan sinergitas semua steakholder dan pemerintah di Kabupaten. Tanjabar yang juga ikut berpartisipasi membantu pelaksanaan deklarasi janji kinerja ini", ujar Kapalas yang baru saja pindah dari Lapas Kalimantan ini.

Kalapas juga menyampaikan keseriusan dan komitmennya terkait pembangunan ZI di lingkungannya. Ada dua zona Integritas  yang hendak dicapai yaitu,  terwujudnya pemerintah yang bersih dan bebas dari KKN, kedua terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan masyarakat. 

Kepala Kejaksaan Negeri Tanjabar yang diwakili Kasi Pidumnya, mengatakan,  pihak nya sangat mendukung segala bentuk kegiatan yang ada di Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal terkait pembangunan Zona Integritas menuju WBK / WBBM.

Acara ditandai pula  penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal dengan stakeholder di Kabupaten Tanjung Jabung Barat berupa perjanjian kerjasama di bidang penguatan data dan penanganan tahanan yang overstaying. Terutama  antara Lapas Kuala Tungkal, Polres, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri, kerjasama di bidang keamanan dengan Polres dan Kodim 0419, di bidang kerohanian dengan Kementerian Agama Tanjung Jabung Barat.  Di bidang Pembinaan Kemandirian dengan Diskoperindag, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura, Dinas Perkebunan Dan Peternakan Tanjung Jabung Barat, dan Balai Latihan Kerja Produktivitas Provinsi Jambi, sedangkan di bidang kesehatan bekerja sama dengan Puskesmas Sungai Saren.
Di bidang Publikasi, diberikan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Kab. Tanjab Barat yang langsung di terima Ketuanya,  Rita Gunawan. 

Di penghujung acara Kalapas Kelas IIB Kuala Tungkal menyerahkan piagam penghargaan sebagai ungkapan terima kasih kepada stakeholder terkait, yang  berpartisipasi membantu pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai Lembaga Pemasyarakatan.(rta)