Lengkapi Fasilitas Pasar Talang Banjar, Pemkot Gelontorkan Rp 1,4 Miliar

By Maas, SH 17 Nov 2020, 07:13:59 WIB KOTA
Lengkapi Fasilitas Pasar Talang Banjar,  Pemkot Gelontorkan Rp 1,4 Miliar

Mediajambi.com- Tahun ini, Pemkot Jambi menggelontorkan dana Rp 1,4 miliar untuk melengkapi fasilitas pasar Talang Banjar. Ini setelah adanya tuntutan perbaikan fasilitas dari pedagang Pasar Talang Banjar beberapa waktu lalu.

Kabid Cipta Karya, Momon mengatakan, beberapa fasilitas yang dibenahi antara lain adalah pembangunan reservoar, atap bangunan, tangga, perbaikan bagian belakang pasar, jalan inspeksi, dan pembangunan drainase secara tertutup. 

"Kami anggarkan di APBD-P sebesar Rp 1,4 miliar, bersumber dari dana insentif daerah (DID). Sekarang pekerjaan fisiknya sudah jalan," ungkapnya.

Momon mengatakan, beberapa waktu lalu, sejumlah pedagang mengeluh adanya atap bocor, kemudian tangga yang terlalu tinggi, minimnya akses jalan, tidak adanya sumber air dan lain-lain.

"Kini kita perbaiki bertahap. Kami sudsh lakukan identifikasi masalah bersama dengan Komisi III DPRDKota Jambi," tambah Momon.

Pantauan di Pasar Talang Banjar, terlihat sejumlah pekerja tengah membangun tempat penampungan air di bagian belakang pasar. Selain itu juga, drainase yang ada di bagian belakang sudah ditutup atau dicor, yang menjadi akses baik bagi para pedagang maupun konsumen.

“Iya pekerjaan PU, tempat air bentar lagi selesai,” sebut seorang pekerja. Sementara Plt Kadis PUPR Kota Jambi, Masrizal mengatakan, bahwa perbaikan sarana dan prasarana itu sesuai dengan keluhan pedagang. Baik yang disampaikan melalui DPRD Kota Jambi maupun kepada pemerintah. "Akhir tahun selesai," timpalnya.

Sebelumnya, Kadis Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Jambi, Komari mengaku, pihaknya bersama komisi II dan komisi III DPRD Kota Jambi sudah turun ke pasar tersebut. Ada sekitar 100-200 pedagang yang berjualan di luar kawasan pasar. 

"Memang sulit kita ngomong untuk memenuhi kehendak semua pedagang," ujarnya. Saat ini sebut Komari, PUPR sudah melakukan pekerjaan untuk pembenahan gedung Pasar Talang Banjar yakni membuat tempat air dan membangun jalan belakang pasar. "Mulai dilakukan pembenahan, supaya semua pedagang masuk kesana," tukasnya. (Yen)