Masih Banyak Penyandang Disabilitas Takut Divaksin

By Maas, SH 21 Sep 2021, 20:19:05 WIB RAGAM
Masih Banyak Penyandang Disabilitas Takut Divaksin

Keterangan Gambar : Masih Banyak Penyandang Disabilitas Takut Divaksin


Mediajambi.com -  Program Vaksinasi Massal yang diadakan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Provinsi Jambi dan Polda Jambi di RS Bhayangkara, Senin (31/9/2021) kurang direspon para penyandang disabilitas. Banyak yang tidak hadir meskipun panitia sudah menyediakan dana transportasi maupun Snack.

"Masih banyak yang takut divaksinasi, mereka termakan berita hoaks. Padahal kita sudah siap antar jemput, memberi uang transportasi juga Snack," kata Ketua HWDI Provinsi Jambi, Dewi kepada Mediajambi.com di sela sela program vaksinasi massal itu.

Mereka kata Dewi sudah mengumumkan program vaksinasi itu, namun hanya sebagian kecil saja yang datang.

 "Kesadaran mereka untuk divaksinasi masih rendah, yah sama seperti non penyandang disabilitas. Kita masih harus terus mengingatkan pentingnya vaksinasi, meski sejauh ini belum terdengar ada anggota kami yang terpapar Covid 19," jelasnya.

 Selain itu banyak juga yang sudah mengikuti program vaksinasi yang diadakan lembaga lain. 

HWDI Jambi juga melibatkan tenaga volunter yaitu mahasiswa IAIN Sultan Taha Jambi, yang membantu mendampingi para penyandang disablitas termasuk ikut mengantar jemput. Juga ada duta bahasa tahun 2021 yang membantu menterjemahkan bahasa isyarat dari para teman tuli. "Semua fasilitas kita siapkan agar teman teman nyaman mengikuti program vaksinasi ini," paparnya.

Vaksinasi hari  itu diikuti oleh 61 peserta, namun dari jumlah itu hanya sekitar 40 orang yang boleh divaksinasi. Mereka tidak bisa divaksin karena NIK KTPnya tidak terkoneksi dengan jaringan data kependudukan, belum masuk jadwal untuk divaksinasi kedua dan menderita darah tinggi. 

Ayu, seorang penyandnag tunadaksa mengaku bersyukur bisa divaksin hari ini. "Alhamdulillah tadi saya dijemput dan datang tinggal divaksin. Pelayanannya cepat," kata Ayu yang datang ditemani ibunya. (Lin)




Loading....


Online Support (Chat)

maas_sh