Nilai Ekspor Provinsi Jambi Turun Sebesar 6,90 Persen

By MS LEMPOW 05 Okt 2020, 10:15:18 WIB Ekonomi
Nilai Ekspor Provinsi Jambi Turun Sebesar 6,90 Persen

Mediajambi.com - Nilai ekspor asal Provinsi Jambi pada bulan Agustus2020 turun 6,90persen dibanding bulan Juli 2020, yaitu dari US$ 132,76 juta menjadi US$123,60 juta. Penyebab utama turunnya nilai ekspor Provinsi  Jambi bulan Agustus 2020 adalah turunnya ekspor pada komoditi pinang,  komoditi kopi, teh,  dan  rempah-rempah,komoditi karet  dan  olahannya,komoditi  kayu  lapis, komoditi arang, komodoti pulp dan kertas, serta komoditi batubara.

Kepala BPS Provinsi Jambi Wahyudin mengatakan nilai  ekspor  sampai  dengan bulan Agustus 2020 yaitu sebesar US$ 1.144,09 juta, lebih rendah dibandingkan  dengan periode yang  sama  pada  tahun  2019,  yaitu turun sebesar 44,03 persen. Kontribusi terbesar terhadap total ekspor di Jambi adalah ekspor kelompok Pertambangan yaitu  sebesar 48,24 persen,  diikuti Kelompok Industri sebesar 43,81persen,  dan  Kelompok Pertanian  sebesar 7,94persen.

Bila  dirinci  menurut  komoditi,Kelompok Industri didominasi  oleh karet dan olahannya yang memberikan kontribusi mencapai21,96persen. “Penyumbang kontribusi terbesar  dari  Kelompok Pertambangan yaitu minyak  dan  gas yang  mencapai 46,18persen. Sedangkan dari Kelompok Pertanian, komoditi pinang memiliki sumbangan 5,99persen,” ujarnya.

Baca Lainnya :

Secara umum nilai ekspor asal Provinsi Jambi  pada Bulan Agustus 2020ke beberapa negara utama  mengalami penurunan. Ekspor  Jambi  yang  mengalami peningkatan adalah  ke Singapura, Jerman, Cina,  dan Jepang. Sedangkan  pergerakan turunnyanilai  ekspor  dapat  diamati ke negaraMalaysia, Thailand, Inggris, Amerika Serikat, India, Australia, Korea Selatan dan Taiwan.Sampai  dengan Bulan Agustus 2020dibanding  periode  yang  sama  tahun  sebelumnya,menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi ekspor mengalami penurunan. “Namun demikian,ada beberapa  transaksi  ekspor  ke  berbagai  negara  mengalami peningkatan, peningkatan terjadi  pada ekspor ke Australia,” ungkapnya.

Tiga komoditi  utama ekspor pada bulan Agustus 2020, yaitu komoditi Migas,  komoditi Karet  dan  olahannya,  serta  komoditi Pulp  dan  Kertas. Ekspor terbesar  adalah komoditi Migas yang  pada  bulan  ini diekspor  ke Singapura.Komoditi Karet  dan Olahannya terbanyak  diekspor  keIndia,Amerika  Serikat,  dan  Cina. “Komoditi Pulp  dan  Kertas terbanyak diekspor ke Cina, Amerika Serikat, dan Inggris,” ucapnya.

Selanjutnya tiga negara utama berdasarkan komoditi yang di ekspor pada bulan Agustus 2020. Jumlah ekspor ke tiga negara mencapai 68,62persen dari total ekspor. Ekspor  terbesar  adalah  ke  negara Singapura sebesar 52,84 persen dengan  komoditi  utama  yaitu komoditi migas, komoditi pinang, serta komoditi karet olahan. Selanjutnya adalah ekspor ke Jepang sebesar 8,24persen dengan komoditi utama adalah komoditi minyak nabati, komoditi karet olahan, serta komoditi kayu lapis.Sedangkan komoditi terbesar yang diekspor ke Cina adalah komoditi pulp dan kertas,komoditi karet olahan, serta komoditi kayu lapis.(mas)

 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment