Pandemi Covid-19 Pendapatan UMKM di Jambi Turun 20 Persen

By Maas, SH 24 Nov 2020, 16:17:27 WIB USAHA
Pandemi Covid-19 Pendapatan UMKM di Jambi  Turun 20 Persen

Keterangan Gambar : Dampak pandemi Covid-19 oendapatan UMKM di Jambi turun 20 persen


Mediajambi.com- Dampak Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung 9 bulan lebih, membuat pelaku UMKM  di Jambj menjerit. Pasalnya pendapata turun drastis 20 persen dari sebelumnya. 

Rusmini (49) pelaku UMKM di Kota Jambi, mengatakan dampak pandemi ini sangat mempengaruhi penghasilan. Tidak ada pesanan lagi karena di larangnya mengadakan acara, baik acara rapat, pernikahan serta pertemuan lainnya.

"Biasanya seminggu  saya dapat order pemesanan kue kotak bisa 50 pesanan, namun dalam beberapa bulan belakangan ini nyaris tidak ada pesanan. Sehingga berdampak pada penyetopan karyawan yang saya rumahkan dulu. Insyaallah jika keadaan telah stabil akan kita kerjakan kembali," ujar Rusmini, saat di jumpai mediajambi.com, Minggu (22/11/2020).

Begitu juga Lilik (40) pelaku UMKM lain mengaku sejak pandemi Covid-19 ini sepi pesanan, karena pemerintah melarang untuk berkumpul dan mengadakan acara baik di gedung, hotel, sehingga sangat berpengaruh sekali untuk pelaku usaha.

" Ya untuk mengisi kekosongan kita promosikan produk melalui IG sendiri, Alhamdulillah ada juga yang pesan," jelas Lilik. (yen)